10 Jenis Makanan Sehat Untuk Kesehatan Ibu Hamil Dan Janinnya

Makanan untuk ibu hamil – Ibu hamil haruslah memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Karena pada dasarnya makanan yang dimakan sudah bukan lagi untuk ibu sendiri melainkan berbagai bersama dengan janin yang sedang berkembang di dalam perut.

Untuk itu jenis makanan sehat untuk ibu hamil patutlah dijaga dan dihindarkan dari jenis makanan yang akan membahayakan perkembangan dari janin dan kesehatan dari ibu hamil.

10 Jenis Makanan Untuk Ibu Hamil Dan Kesehatan Janin

Sedikitnya ada 10 jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang penting untuk dikonsumsi yang akan membantu mendukung janin agar terus berkembang hingga datangnya persalinan. Berikut penjelasan dari 10 makanan tersebut.

Jenis Makanan Sehat Untuk Kesehatan Ibu Hamil Dan Janinnya

  1. Sayur dan buah-buahan menjadi makanan untuk ibu hamil yang penting yang menjadi komponen utama yang sehat untuk ibu yang sedang hamil. Setidaknya ada lima porsi buah dan sayur yang dikonsumsi setiap hari yang berbeda vitamin dan seratnya.
  2. Daging tanpa lemak menjadi sumber protein yang baik untuk pertumbuhan janin yang ada dalam perut ibu dan memberikan dampak yang besar untuk pertumbuhan otot, dan kelancaran dari sistem metabolisme.
  3. Tahu dan tempe bisa menjadi alternatif sumber protein yang baik
  4. Ikan merupakan sumber protein yang baik dan kaya dengan omega 3.
  5. Air mineral sangat penting untuk membantu semua asupan sampai ke janin dan janin pun akan mendapatkan nutrisi yang lengkap. Kurang air mineral akan menyebabkan bayi lahir prematur.
  6. Sumber karbohidrat seperti nasi, oatmeal dan kentang adalah salah satu makanan untuk ibu hamil  yang penting untuk mendapatkan energi yang baik bagi ibu dalam menjalani aktivitas sehari-hari maupun untuk membantu perkembangan janin yang ada didalam kandungan.
  7. Kudapan sehat
    Camilan yang sehat terdiri dari makanan yang ringan dari kadar garam dan tidak mengandung gula yang tinggi.
  8. Susu
    Susu membantu perkembangan janin dengan menyediakan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulangnya. Ibu disarankan untuk minum susu dua kali sehari.
  9. Produk Susu
    Selain susu, produk susu pun menjadi sumber makanan untuk ibu hamil berupa kalsium dan nutrisi yang baik. Produk susu diantaranya keju mozzarella, krim keju, feta, susu kedelai, tahu dan tempe, juga sarden dan jus jeruk jika ibu hamil alergi dengan produk olahan susu selain itu anda harus cermat dan memilih jenis produk susu yang akan anda konsumsi.
  10. Suplemen
    Suplemen akan melengkapi semua nutrisi yang didapatkan ibu hamil dari berbagai makanan yang dikonsumsinya. Suplemen biasanya diberikan oleh dokter dan akan berbeda-beda sesuai dengan usia kandungan.

Sumber makanan untuk ibu hamil yang telah disebutkan tidak harus semuanya dikonsumsi setiap hari. Yang terpenting adalah sehat dan kelengkapan gizinya bisa terpenuhi dengan baik oleh ibu hamil untuk kesehatan janin yang dikandungnya.

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment