7 Manfaat Dan Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat temulawak – Temulawak merupakan salah satu rempah berbentuk umbi atau rimpang, jika dilihat jenis tanaman obat ini hampir mirip dengan bentuk tanaman kunyit baik itu dilihat dari daun, batang bahkan bentuk umbi dari temulawak ini.

Temulawak dibudi dayakan atau dikembangkan sebagai bahan makanan plus bahan obat yang memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Manfaat dan khasiat temulawak pun sudah banyak diketahui dan dipercaya sebagai salah satu herbal alami yang berasal dari alam yang mengandung unsur yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Dan Khasiat Temulawak Bagi Ibu Menyusui

Manfaat temulawak yang bisa dirasakan oleh tubuh banyak sekali. Temulawak sendiri dipercaya dapat melancarkan ASI dengan cara memarut temulawak dan diperas lalu disaring dan direbus hingga mendidih. Setelah itu bisa dicampurkan dengan madu lalu diminum setiap pagi dan sore hari.

Manfaat Dan Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Dan khasiat Temulawak Yang Perlu Diketahui

Selain bermanfaat untuk memperlancar ASI bagi ibu menyusui, berikut ini ada 7 manfaat temulawak yang harus anda ketahui diantaranya yaitu :

  1. Mencegah terjadinya penggumapalan darah karena dalam temulawak ada kandungan kurkumin yang memiliki fungsi menghambat pembentukan trombokan B-2 yang merupakan senyawa yang mampu menggumpalkan darah.
  2. Sebagai antioksidan yang bisa memelihara kesehatan tubuh dan bisa menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.
  3. Dapat mengobati jerawat dan mencegah terjadinya kembali jerawat di permukaan kulit.
  4. Manfaat temulawak yang mungkin anda ketahui yaitu temulawak dapat meningkatkan nafsu makan untuk anak-anak dan dewasa sehingga bisa menambah berat badan. Nafsu makan ditingkatkan karena adanya efek dari minyak atsiri dari temulawak yang bersifat karminativum.
  5. Mengurangi radang sendi yang menyebabkan rasa nyeri. Hal itu dikarenakan adanya kandungan kurkumin yang disebut sebagai anti inflamasi atau anti radang yang bisa mengurangi rasa sakit akibat peradangan yang sedang terjadi.
  6. Dapat menurunkan kadar lemak pada darah karena adanya kurkuminoid yang terkandung dalam temulawak. Kurkuminoid mampu meringankan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam darah.
  7. Mampu memperbaiki fungsi pencernaan. Serbuk rimpang dari temulawak mampu meningkatkan aktivitas dari cairan yang ada di dalam lambung yang akan membantu memperlancar metabolisme tubuh dan pencernaan. Dengan begitu kontraksi pada usus halus pun akan lebih berkurang. 

Banyaknya manfaat temulawak yang bisa dirasakan oleh tubuh menjadikan rempah tersebut ada dalam setiap kandungan obat baik kimia atau pun herbal. Kini dengan mudah menemukan ekstrak temulawak yang ada di toko obat atau di apotek terdekat.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

contenttemulawak cocok untuk golongan darah,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment