11 Langkah Cara Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Semakin banyak anda tahu maka semakin banyak ilmu yang anda dapatkan istilah ini mungkin sudah sering anda dengar bukan…? Baik saya ataupun anda mungkin sudah banyak mengetahui tips diet, cara diet sehat dan diet alami. Banyak media yang bisa memberikan anda informasi mengenai hal tersebut. Namun karena banyaknya media yang menyajikan informasi tersebut mungkin anda bingung yang mana cara yang baik untuk dilakukan.

Sebelum anda melakukan diet tentunya banyak hal dan pertimbangan yang harus anda perhatikan, seperti memperhatikan kondisi keadaan tubuh, rutinitas dan kegiatan yang dijalani serta kondisi kebutuhan hidup anda sehari hari.

Setelah semua kondisi anda benar-benar siap untuk menjalani program diet menurunkan berat badan anda, maka pilihlah beberapa cara untuk diet yang baik menurut anda artinya anda jangan ikut ikutan dalam menjalani diet. Pada postingan kali ini saya akan coba memberikan cara diet sehat turunkan berat badan dengan 11 langkah sederhana yang bisa anda jadikan pedoman atau referensi tambahan untuk anda. Yuk kita lihat sebelas langkah tersebut.

Langkah Cara Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Langkah Awal Yang Harus Dilakukan Dalam Diet

  1. Berniat
    Nah jika anda ingin melakukan diet maka pasanglah niat anda secara bersungguh-sungguh untuk menjalani diet, jika anda belum siap untuk menjalani diet sebaiknya anda tunda dulu program diet anda karena jika anda berhenti ditengah dalam program diet anda tentu yang mengalami kerugian adalah anda sendiri.
  2. Mulai pada saat ini juga
    Niat udah terpasang maka mulai lah jalani program diet anda setahap demi setahap, disini anda harus mempunyai semangat keras yang tak gentar untuk memulainya. Jangan cepat menyerah dan putus asa.
  3. Target yang baik
    Dalam menjalani program cara diet sehat anda, maka anda jangan mematokkan target yang tinggi untuk menurunkan berat badan anda, karena jika terlalu tinggi anda sendirilah yang akan tersiksa menjalaninya. Sebagai permulaan ambillah target yang cukup ringan seperti contoh menurunkan berat badan ½ kilo dalam seminggu, cukup ringan kan…..!
  4. Jangan terlalu ketat
    Perhatikan jumlah kalori rata-rata yang anda butuhkan dalam menjalani kegiatan anda sehari-hari, jangan terlalu besar mengurangi jumlah kalori yang akan anda konsumsi, karena jika tubuh terlalu banyak kekurangan kalori metabolisme tubuh tidak akan berjalan sempurna.

Mengatur jumlah asupan yang dikonsumsi

  • Sarapan pagi lebih awal
    Dalam menjalani diet cara yang satu jangan anda tinggalkan, karena salah satu faktor cara diet sehat sukses terbesar adalah menjalani cara ini yaitu sarapan pagi. Yang perlu jadi catatan disini adalah waktu nya, sebaiknya anda percepat jadwal sarapan pagi anda.
  • Perhatikan nutrisi yang anda makan
    Jenis nutrisi yang anda konsumsi dalam program diet perlu anda perhatikan, dan jangan asal-asalan. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan perbanyak jenis makanan untuk diet yang mengandung protein terlalu tinggi.
  • Lebih banyak mengunyah
    Artinya setiap anda makan walaupun jumlah porsinya dikurangi tapi cobalah anda mengunyah makanan tersebut lebih banyak daripada biasanya, maka anda akan merasa cepat kenyang dan dengan hal tersebut maka proses penyerapan sari sari makanan akan lebih cepat. Sehingga metabolisme tubuh untuk membakar lemak dapat tercapai
  • Minum air putih
    Dalam menjalani cara diet sehat tubuh anda jangan sampai mengalami dehidrasi karena itu dapat mengganggu metabolisme tubuh anda serta membuat kerja ginjal menjadi berat. Normalnya setiap orang memerlukan 8-10 gelas air setiap harinnya. Air putih juga dapat melarutkan lemak yang menumpuk pada tubuh, dan satu hal lagi, sebuah penelitian juga mengatakan bahwa dengan meminum air putih lebih banyak daripada biasa tanpa menambah makanan nutrisi yang lain dalam menjalani diet ternyata bisa menurunkan berat badan, hal ini dikarenakan pada salah satu fungsi nya yang dapat melarutkan lemak dan mengeluarkannya bersama keringat.
  • Banyak makan serat
    Sama dengan air putih serat juga berfungsi mengusir lemak yang ada pada tubuh jadi dalam setiap makan anda perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, sebaiknya makanan ini dikonsumsi pada saat makan malam.
  • Imbangi dengan makan buah dan sayur
    Kedua jenis makanan ini juga sangat penting jadi jangan tinggalkan, karena sebagian besar nutrisi yang diperlukan tubuh dalam menjalani diet ada pada kedua jenis makanan ini.

Imbangi dengan kegiatan yang bermanfaat

  • Olahraga atau banyak bergerak
    Untuk cara yang terakhir ini bersifat opsional artinya setiap kegiatan yang anda lakukan dapat membantu tubuh lebih aktif dalam membakar kalori, namun jika anda mempunyai waktu yang cukup ada bagusnya anda melakukan cara yang terakhir ini, karena dengan berolahraga jumlah kalori yang terbakar akan lebih banyak lagi, sehingga proses menurunkan berat badan lebih cepat.

11 langkah cara diet sehat menurunkan Berat Badan  bisa anda jalani dengan sebaik mungkin dan dapatkan tubuh yang ideal dan langsing seperti yang anda harapkan.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

metode diit terbaru,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment