Cara Melakukan Diet OCD Yang Baik Dan Sehat

Cara diet OCD adalah salah satu cara diet sehat dan alami yang dilakukan dengan  berpuasa berselang. Saat Anda melakukan puasa, anda tidak boleh makan apapun kecuali hanya minum air putih dan anda dapat makan apa saja yang Anda sukai saat berbuka puasa. Meskipun demikian Anda tidak boleh makan-makanan yang sembarangan. Tetap harus memperhatikan gizi dan nutrisi yang terkandung dalam makanan untuk diet tersebut.

Diet OCD dapat dilakukan dari cara berpuasa selama 16 jam, puasa selama 18 jam, puasa selama 20 jam, dan yang terakhir adalah puasa 24 jam penuh. Selain puasa 24 jam penuh ada waktunya untuk Anda makan selama beberapa jam. Saat Anda puasa juga masih boleh minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi.

Cara Melakukan Diet OCD Yang Baik Dan Sehat

Cara Diet OCD Dengan Menu Makanan Sehat

Menurut pakar nutrisi mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat juga harus selektif, jangan sembarangan, minimal konsumsi karbohidrat 50-60 gram. Pilih makanan berkarbohidrat yang berkualitas, seperti roti gandum, buah, kacang-kacangan, dan polong. Berikut adalah contoh menu makanan sehat untuk diet OCD:

  • Kacang-kacangan

Untuk makanan diet jenis kacang-kacangan, maka pilihlah jenis kacang baik untuk tubuh. Misalnya kacang merah, chickpeas, lentil, dan soya. Karena masyarakat Indonesia biasanya makan nasi. Dapat juga menambahkan pipilan jagung, wortel rebus, dan kacang polong masukkan dalam nasi matang. Maka nasi yang Anda konsumsi akan lebih bernutrisi.

  • Protein

Begitu pula dengan makanan yang mengandung protein yang dikonsumsi. Sebaiknya konsumsi makanan berprotein sebanyak 1-2 gram/kg berat badan. Protein yang bisa dikonsumsi adalah ayam, daging, telur, ikan, dan susu. Anda harus memilih low fat varieties dan sisihkan lemak masih menempel pada daging tersebut buang kulit ayam.

  • Makanan berserat

Serat sangat penting untuk tubuh, makanan mengandung serat diantaranya buah dan sayur. Dengan mengkonsumsi serat cukup agar sistem pencernaan sehat dan lancar buang air besar. Jika Anda memiliki masalah sulit makan dalam jumlah banyak waktu singkat dapat membuat smoothie yaitu campuran susu rendah lemak yang ditambahkan jus sayur ataupun buah.

Itulah cara diet OCD yang sehat dengan beberapa menu makanan yang tepat dikonsumsi. Dengan memperhatikan menu makanan sehat maka akan membuat bentuk badan ideal segera Anda dapatkan.

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment