Cara Menangani Kejang Demam Pada Anak Yang Benar

Cara menangani kejang demam pada anak – Kejang atau step merupakan sejenis penyakit yang disebabkan oleh demam. Kejang atau stip merupakan suatu penyakit yang cukup ditakutkan oleh sang ibu bagaimana tidak kejang atau stip ini bisa membuat sang ibu kehilangan buah hatinya atau penderitanya bisa meninggal dunia.

Kejang demam ini pada umumnya menyerang pada anak anak yang berusia dibawah 5 tahun dan penyakit ini terjadi sekali dalam seumur hidup, tapi tidak menutup kemungkinan kejang atau step tersebut terjadi lagi pada anak yang sama saat masa remaja. Jika anda sebagai orang tuanya pernah mendapatkan sakit ini maka kemungkinan anak anda mengalami sakit yang sama sangat besar, Artinya faktor genetik sangat berpengaruh pada demam yang disertai kejang ini.

Penyebab dan ciri-ciri kejang demam pada anak

Ciri ciri anak anak yang mengalami kejang ini yaitu tubuh yang kaku dan bola mata yang berputar kebelakang, kemudian anak tersebut akan kehilangan kesadaran, tubuh, kaki, tangannya mengejang dan warna kulit akan berubah menjadi gelap kebiru-biruan.

Cara Menangani Kejang Demam Pada Anak Yang Benar

Kejang atau step tersebut dikarenakan adanya demam dengan suhu yang sangat tinggi sehingga mempengaruhi aktivitas listrik di otak anak. Kejang atau stiep dapat dihentikan jika kita melakukan penanganan nya dengan benar.

Jenis penyakit yang sering diderita olah anak berusia 5 tahun kebawah ini disebabkan adanya infeksi virus yang menyebabkan anak mengalami demam dengan suhu yang tinggi ( diatas 38oC ), selain itu penyebabnya juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit diantaranya :

  1. Terjadinya infeksi saluran pernapasan pada bagian atas.
  2. Adanya radang telinga tengah.
  3. Infeksi yang terjadi pada saluran kemih.
  4. Terjadinya radang pada amandel.

Cara menangani kejang demam pada anak

Berikut ini ada beberapa cara tepat yang bisa dilakukan untuk menangani  demam yang disertai kejang yang dialami oleh anak anda :

  • Rebahkan anak anda pada lantai yang beralas dan topang kepalanya dengan bantal, jika anak anda mulai merasa akan muntah miringkanlah tubuhnya agar dia tidak tersedak.
  • Longgarkanlah pakaian yang melekat pada tubuhnya dan jangan menahan gerakan tubuh anak anda selama kejang demam, karena ini hanya berlangsung beberapa menit saja.
  • Kompreslah kepala anak anda mengunakan air hangat untuk membantu penguapan, jangan menggunakan air dingin karena air dingin justru membuat demam anak anda semakin meningkat dan pastikan suhu ruangan dalam keadaan sejuk.
  • Setelah anak anda agak tenang berikanlah obat yang dapat meredakan demam seperti paracetamol sesuai dosis dan aturan, hal ini bertujuan untuk mencegah suhu tubuh nya tidak naik terlampau tinggi.
  • Setelah kejang anak anda berakhir, sebaiknya lakukan identifikasi terhadap demam anak anda, segera bawa ke rumah sakit dan konsultasikan kepada dokter mengenai penyebab kejang demam anak anda serta saran perawatan selanjutnya.

Inilah beberapa cara menangani kejang demam pada anak yang tepat yang bisa dilakukan oleh anggota keluarga yang mendapati anak atau adiknya yang sedang mengalami kejang atau stip. Dan anda jangan panik mendapati hal tersebut, pastikan diri anda tetap tenang karena dengan ketenangan dapat membuat penanganan yang lebih baik. Semoga pembahasan dalam ulasan ini bermanfaat dan menambah wawasan seputar kesehatan khususnya pada anak-anak.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

penyakit stipSakit stipcara mengatasi anak kejanganak stipcara menangani kejang pada anakcara mengatasi bayi kejang panaskejanf anakcara mengatasi kejang pada anakantisipasi anak kejanganak stip mengatasinya,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment