Cara Menjalani Puasa Yang Sehat Bagi Ibu Hamil

Puasa bagi ibu hamil –  Kehamilan adalah suatu cara atau anugerah yang diberikan Allah SWT kepada wanita yang sudah berkeluarga atau menikah untuk mendapatkan keturunan secara alami. Namun untuk masa kehamilan itu sendiri tidak bisa anda ketahui secara pasti kapan anda akan hamil, selain sama-sama berusaha  kehamilan itu pun harus didukung dengan tanda-tanda kehamilan yang sudah lazim dan pasti.

Pada kesempatan kali ini timbul satu pertanyaan yaitu bagaimana jika masa kehamilan anda tersebut terjadi pada bulan ramadhan, apakah anda tetap berpuasa atau tidak, sebaliknya puasa tersebut merupakan suatu kewajiban untuk anda. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut ada baiknya anda mengetahui tips sehat puasa bagi ibu hamil yang akan kita bahas berikut ini.

Tips Sehat Menjalani Ibadah Puasa Saat Ibu Hamil

Cttn: Sebelum anda melakukan ibadah puasa alangkah baiknya anda konsultasikan dulu kondisi kesehatan anda dan janin kepada dokter kandungan anda, Apakah puasa aman dilakukan atau tidak. Sebagai contoh yaitu ibu hamil yang menderita penyakit berat, kondisi kehamilan kembar, dan gangguan kondisi kesehatan lainnya. Sebelum melakukan ibadah puasa tentu anda dianjurkan untuk sahur  terlebih dahulu terutama bagi ibu hamil, sahur merupakan hal yang tidak boleh ditinggalkan untuk menjalani puasa bagi ibu hamil.

Cara Menjalani Puasa Yang Sehat Bagi Ibu Hamil

Tips Memilih Menu Sahur Bagi Ibu Hamil

  1. Pada saat sahur konsumsilah semua jenis makanan sehat yang tidak bepengaruh kepada kesehatan anda dan janin anda secara seimbang ( karbohidrat, lemak, dan protein ) sperti nasi, daging, tahu, telur dan jenis makanan sehat lainnya
  2. Lengkapi kebutuhan vitamin untuk tubuh anda dengan mengkonsumsi buah dan sayur sebagai makanan serat selama menjalani puasa agar sistem pencernaan anda lancar.
  3. Hindari mengkonsumsi makanan yang bersifat pedas seperti makanan yang mengandung merica, sambal.
  4. Pada saat sahur kunyahlah makanan secara sempurna dan tidak terburu-buru.
  5. Lengkapi tips sehat puasa bagi ibu hamil pada saat sahur dengan segelas susu untuk ibu hamil serta air putih yang cukup.

Pada saat menjalani puasa disiang hari bagi ibu hamil harus banyak beristirahat dan menghindari hal atau tindakan yang bisa membuat stress, selain itu jika kondisi tubuh atau kesehatan anda menurun drastis maka batalkanlah puasa anda, hal merupakan suatu tanda bahwa tubuh anda memang sudah tak sanggup lagi untuk melanjutkan puasa hingga saat berbuka nanti, jika dipaksakan maka hal bisa berakibat buruk untuk anda terutama pada kesehatan janin yang dikandung.

Tips Berbuka Puasa Sehat Bagi Ibu Hamil

Setelah menjalani puasa bagi ibu hamil seharian penuh dan pada saat berbuka merupakan suatu kenikmatan tersendiri yang dirasakan, namun pada saat berbuka ada tips tertentu yang harus dijalani agar kehatan anda lebih terjaga diantaranya yaitu:

  1. Berbuka lah dengan yang manis terlebih dahulu sebaiknya makanan tersebut mengandung pemanis alami seperti kurma atau air kelapa muda yang dapat menganti ion tubuh anda dan jangan berlebihan.
  2. Pada saat berbuka bagi ibu hamil makanlah dalam porsi yang banyak artinya dalam mengkonsumsi menu berbuka jangan berbuka dalam menu yang besar, atur waktu jeda makan makan anda dan berulang-ulang.
  3. Jenis buah dan sayur sebagai amakan serat jangan anda lupakan pada saat berbuka serta makanan sehat lainnya secara seimbang.
  4. Hindari berbuka puasa dengan minuman yang disajikan dalam keadaan dingin.
  5. Cukup meminum air putih setelah berbuka dan menjelang sahur.
  6. Sebelum istirahat minum segelas susu untuk kehamilan anda.

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment