Dampak Negatif Makanan Manis Bagi Perkembangan Anak

Perkembangan anak – Anak yang sehat merupakan dambaan bagi setiap orang tanpa terkecuali, namun untuk mendapatkan kesehatan tubuh anak, itu semua tidaklah gampang berbagai macam dan aturan sudah kita berikan dan tanamkan kepada mereka, melarang melakukan ini dan itu dan sebagainya. Satu pertanyaan yang mungkin dapat timbul haruskah kita melakukan itu semua terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak kita yang masih berusia belia.

Tak hal lainnya dalam kita sebagai orang tua dalam mengawasi anak anak kita dalam mengkonsumsi berbagai bentuk dan jenis makanan yang ia makan, masa anak merupakan masa pertumbuhan dimana segala bentuk gizi dan nutrisinya harus kita penuhi semaksimal mungkin.

6 Dampak negatif makanan manis bagi anak

Namun jika berlebihan sudah pasti banyak hal negatif yang akan terjadi pada anak anda, salah satunya yaitu pada jenis makanan manis, pada dasarnya baik orang dewasa dan remaja mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan sangatlah tidak baik apalagi dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dampak Negatif Makanan Manis Bagi Perkembangan Anak

Untuk itu  pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa penjelasan dari dampak negatif makanan manis bagi perkembangan anak diantaranya yaitu :

Dampak negatif secara langsung

  • Menyebabkan kerusakan gigiAnak anak sangat suka dalam mengkonsumi makanan yang manis seperti permen, es dan sebagainya, maka anda sebagai orang tua sebaiknya memperhatikan dalam memberikan jenis makanan ini kepada anak anda sebagai cemilan. Karena makanan yang banyak mengandung gula dapat merusak kesehatan mulut anak anda terutama pada gigi,
  • Kebutuhan gizinya burukMemang betul, makanan yang mengandung gula dapat memberikan energi lebih berupa  kalori dalam jumlah tertentu, namun gula memiliki jumlah nilai gizi yang rendah, jika ini dibiarkan sangat berpengaruh kepada perkembangan anak anda.

Dampak negatif dalam jangka waktu panjang

  • Meningkatkan resiko serangan jantungAnak-anak yang terlalu sering mengkonsumsi makanan manis sejak usia dini, maka hal ini dapat meningkatkan resiko anak anda terkena serangan jantung pada saat anak anda sudah dewasa nantinya karena makanan manis dapat mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah.
  • Dapat meningkatkan resiko diabetes pada usia diniAnak-anak yang mengkonsumsi makanan manis atau mengandung gula sejak dini akan sangat meningkatkan resiko diabetes pada usia dini ( remaja ) hal ini disebabkan kadar insulin dalam tubuh meningkat dan tubuh tidak dapat menetralisir kadar insulin tersebut yang ada dalam tubuh.
  • Dapat menyebabkan kegemukanMakanan manis dan mengandung gula merupakan faktor terbesar dalam menyebabkan kegemukan atau obesitas dan sangat mengganggu dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, hal ini disebabkan karena banyaknya timbunan lemak yang berasal dari kadar gula yang tidak terpakai dan dimanfaatkan didalam tubuh secara menyeluruh.
    Kegemukan sejak usia dini sangatlah sulit untuk dihilangkan pada usia remajanya meskipun sudah melakukan diet yang sangat esktra, meskipun berhasil efek lain yang ditimbulkan yaitu kulit yang bergelambir.
  • Mendorong pertumbuhan sel kankerSebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak anak yang terlalu banyak makan makanan yang manis akan cepat mengidap penyakit kanker, hal ini disebabkan karena makanan manis dan mengandung gula dapat membuat sel kanker berkembang dengan cepat.

Nah itulah beberapa dampak negatif makanan manis bagi perkembangan anak yang dikonsumsi sejak dini dan berlebihan, mungkin pada saat masih anak-anak dampak tersebut belum terlihat, dimasa yang akan datang mungkin baru bisa dirasakan, lebih baik mencegah semenjak dini demi meminimalisir efek negatif yang akan terjadi dimasa yang akan datang, di sinilah peran anda sebagai orang tua.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

makanan manisdampak negatif manisanes kiko baikkah d konsumsi anak anakmakanan manis dan dampaknyaremaja sering makan makanan manis,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment