Jenis Makanan Diet Yang Cocok Ketika Menjalani Puasa

Diet adalah satu cara sehat yang ditempuh seseorang untuk menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal atau untuk menurunkan berat badan maupun melangsingkan tubuh secara alami. Ketika menjalani puasa khususnya puasa ramadhan yang anda lakukan dalam sebulan penuh, apakah diet juga bisa dilakukan sambil menjalani puasa tersebut.

Perlu anda ketahui, setelah menjalani ibadah puasa sebulan penuh banyak diantara kita yang mengalami  kenaikan berat badan secara signifikan, hal ini disebabkan karena tidak mampunya mengontrol hawa nafsu secara baik khususnya pada makanan yang dikonsumsi pada saat berbuka atau sahur seperti mengkonsumsi makanan manis atau berlemak secara berlebihan.

Tips Berpuasa Sambil Menjalani Diet Sehat

Jenis Makanan Diet Yang Cocok Ketika Menjalani Puasa

Nah bagi anda yang ingin menurunkan berat badan atau melangsingkan tubuh dengan diet sambil menjalani ibadah puasa, maka pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa jenis makanan untuk diet saat berpuasa bagi anda. Selain makanan ini bersifat mengenyangkan dan tidak membuat anda merasa cepat lapar, makanan ini juga dapat membantu membakar lemak yang ada pada tubuh anda ketika menjalani puasa. Berikut jenis makanan untuk diet saat berpuasa yang bersifat mengenyangkan :

  1. Gandum. Mungkin jenis makanan yang satu ini jarang anda jumpai ditempat anda, namun jika anda mau sedikit berusaha untuk mencarinya pasti bisa anda dapatkan, gandum merupakan jenis makanan untuk diet  yang baik yang tidak berpotensi menambah berat badan anda meskipun dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak dan besifat mengenyangkan karena gandum membutuhkan waktu yang cukup lama dalam memprosesnya menjadi energi didalam sistem pencernaan.
  2. Oats. Anda pasti berpikir bahwa oat dan gandum itu sama, namun pada kenyataannya kedua jenis makanan ini sangat berbeda jika dilihat dari bentuk fisiknya, sama hanya dengan gandum, oats merupakan makanan untuk diet saat berpuasa yang baik untuk anda konsumsi pada saat sahur. Adann bisa menambahkan potongan buah yang diiris pada semangkuk oats untuk menambah cita rasanya.
  3. Telur. Jenis makanan diet yang satu ini mungkin sudah sering untuk anda konsumsi dalam keseharian anda, telur mengandung protein yang adapat menekan rasa lapar saat menjalani puasa jadi untuk melengkapi saat sahur anda konsumsi lah sebutir telur rebus sebelum waktu imsak anda tiba.
  4. Beras merah. Jika gandum atau oats tidak ada untuk anda konsumsi pada saat sahur anda bisa mengganti kedua jenis makanan tersebut dengan beras merah, beras merah juga merupakan saah satu makanan serat yang baik dikonsumsi pada saat menjalani diet baik itu ketika berpuasa atau tidak.
  5. Kentang. Kentang  juga makanan untuk diet saat berpuasa yang mengenyangkan jadi kentang juga bisa anda masukan sebagai salah satu menu makanan pada saat sahur anda, selain itu pada kentang terdapat pati resisten yang dapat membantu membakar lemak ditubuh anda saat menjalani diet ketika berpuasa.
  6. Sayur-sayuran. Dalam menjalani diet sehat sayur pasti tidak pernah lupa untuk sebagai pelengkap menu makanan diet anda, terutama dalam menjalani puasa aneka jenis sayur-sayur sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi anda pada saat menjalani puasa di siang hari menjelang berbuka. Jadi dalam waktu sahur anda usahakan untuk melengkapi dengan jenis makanan diet yang satu ini seperti brokoli, bayam, kangkung, dan jenis sayuran sehat lainnya.
  7. Buah-buahan. Selain sayuran jenis buah-buahan pun anda disarankan untuk mengkonsumsinya baik pada saat sahur ataupun pada saat berbuka, namun anda harus memilih jenis buah-buahan sebagai makanan untuk diet saat berpuasa yang bersifat mengenyangkan, nah diantara buah yang bisa jadikan yaitu alpokat, pisang, apel, jeruk, semangka.
  8. Ikan, sup, keju, susu skim, coklat murni, kacang-kacangkan. Beberapa makanan diatas ini bisa juga anda jadikan sebagai menu makanan tambahan dalam menjalani diet anda saat berpuasa, selain dapat menahan rasa lapar ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari jenis makanan tersebut. Dari sekian banyak jenis makanan diet yang ada tentu tidak semua bisa anda penuhi secara baik, untuk itu anda harus mensiasati jenis makanan tersebut dengan cara memvariasikannya serta menyesuaikan kalori, vitamin, protein, lemak yang diperlukan oleh tubuh secara seimbang dalam menjalani puasa dan jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.

Tips Diet Sehat Saat & Setelah Berbuka Puasa

Untuk pada saat berbuka agar berat badan anda tetap stabil atau tidak bertambah maka lakukan tips berikut dalam mengkonsumsi makanan untuk diet saat berpuasa ini :

  • Pada saat berbuka, awali dengan makanan yang mengandung pemanis alami seperti kurma, air kelapa, jika tidak ada alangkah baiknya anda berbuka dengan segelas air putih terlebih dahulu.
  • Berikan jeda waktu mengkonsumsi makanan satu dengan makanan yang lainnya.
  • Jangan makan dalam porsi yang besar dalam satu waktu, sebaiknya makan secukupnya dan mengulangi kembali setelah selesai beribadah shalat tarawih atau baca Al-quran.
  • Cukup meminum air putih yaitu 8 gelas ( 2 gelas saat sahur, 4 gelas malam hari, 2 gelas saat berbuka ).
  • Lengkapi asupan vitamin bagi tubuh dengan mengkonsumsi buah-buahan menjelang istirahat.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

sahur dengan telur rebusberapa kentang rebus saat sahur untuk memenuhi kebutuhan gizi saat puasamakan oatmeal saat sahurmakan nasi merah selama puasakonsumsi telur rebus saat puasakonsumsi energen saat sahurbuka puasa dengan telur rebusbuka puasa dengan oatmealberbuka puasa dengan oatmealwaktu yang cocok makan oat meal saat puasa,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment