Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita

Makanan untuk kesehatan wanita – wanita adalah makhluk yang sangat sensitif terhadap masalah kesehatan, namun terkadang mereka tidak terlalu memperhatikan segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan seperti makanan yang sehat untuk dikonsumsi dan berbagai masalah lainnya.

Pada umumnya baik wanita ataupun pria, akan memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi secara seksama jika mereka sudah mendapatkan sesuatu yang tidak baik untuk kesehatan tubuh  seperti kegemukan, kanker, dan segala jenis penyakit lainnya.

Makanan Adalah Kunci Dalam Menjaga Kesehatan

Khususnya untuk wanita maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas jenis makanan untuk kesehatan wanita yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar anda terhindar dari berbagai macam penyakit yang mungkin akan menyerang anda pada suatu saat nanti.

Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita

1. Gandum

Jenis makanan sehat yang satu ini sangat besar manfaatnya bagi kesehatan tubuh anda, selain dijadikan sebagai salah satu makanan untuk diet gandum juga mempunyai manfaat yang besar untuk memulihkan bagi anda terutama wanita yang baru siap melahirkan. Kandungan vitamin B6 dan asam folatnya juga baik untuk kesehatan jantung anda.

2. Tomat

Buah yang satu ini bisa membantu anda untuk mengatasi dan sebagai cara menghilangkan jerawat pada wajah yang membuat anda jengkel dengan hal tersebut. Buah tomat ini mengandung vitamin A dan C dengan mengkonsumsi atau memanfaatkan dengan cara lain secara teratur maka masalah jerawat, wajah berminyak, komedo, dan bekas jerawat pada wajah anda bisa atasi, dengan kata lain buah tomat ini sangat baik untuk kecantikan anda.

3. Apel

Bagi anda sebagai wanita yang memiliki berat yang ideal pasti ingin menjaga berat badan anda tersebut tetap stabil bukan..? nah salah satu makanan untuk kesehatan wanita yang bisa anda manfaatkan agar berat badan anda tetap stabil dan ideal yaitu dengan teratur mengkonsumsi buah apel, karena buah apel ini mempunyai pemanis yang dapat mengontrol nafsu makan anda.

4. Susu

Seiring bertambahnya usia maka kepadatan tulang akan berkurang pula, terutama bagi anda sebagai wanita yang sangat rentan menderita osteoporosis pada saat akan memasuki usia senja, untuk mencegah hal tersebut maka rajin dan teraturlah anda meminum susu, dengan minum susu maka kepadatan tulang anda akan terjaga dengan kalsium yang terkandung pada susu tersebut, selain itu susu juga akan membantu kesehatan pencernaan anda.

5. Bayam

Jenis sayuran hijau yang satu ini banyak mengandung antioksidan yang mempunyai manfaat untuk mencegah radikal bebas yang dapat menimbulkan perkembangan sel-sel kanker didalam kesehatan tubuh anda, dan flavonoid yang terkandung pada bayam ini juga dapat bermanfaat sebagai anti kanker. Kanker payudara dan kanker serviks merupakan pembunuh terbesar bagi wanita, jadi jika anda ingin menghindari kanker tersebut dan kanker lainnya, maka anda harus rajin mengkonsumsi bayam dan sayuran hijau lainnya seperti brokoli sebagai makanan untuk kesehatan wanita.

6. Coklat

Dalam menjalani kegiatan anda sehari-hari tentu banyak hal yang hadapi, dari sekian banyak masalah yang terjadi tentunya ini akan menambah beban pikiran anda, hal hasil anda menjadi stres. Nah untuk mencegah hal tersebut cobalah anda mengkonsumsi coklat dalam hal tersebut, dengan mengkonsumsi coklat maka anda akan lebih bersemangat lagi.

Pada dasarnya kandungan yang terdapat pada coklat tersebut, ada senyawa yang dapat menekan rasa stress yang alami, dengan mengkonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan coklat juga mampu mengontrol berat badan anda sekaligus mencegah anda mengidap penyakit diabetes.

7. Jeruk

Bagi wanita pasti pernah merasakan hamil atau sedang hamil, demi untuk menjaga kesehatan tubuh anda dan janin yang anda kandung maka anda dianjurkan untuk mengkonsumsi buah jeruk sebagai makanan kesehatan wanita ketika anda hamil, kandungan senyawa yang dikandung jeruk tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan asam folat juga membantu calon bayi anda membentuk sel-sel baru pada saat anda hamil.

8. Kacang kenari

Bagi anda, organ kewanitaan merupakan satu bagian yang sangat anda perhatikan kesehatannya, jika terlalu diabaikan maka beberapa faktor bisa menyebabkan anda mengalami kemandulan, untuk mencegah hal tersebut maka anda harus rajin mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung lemak omega 3, jenis lemak tersebut bisa anda dapatkan pada berbagai jenis makanan seperti kenari.

Lemak omega 3 tersebut dapat menjaga kesehatan bagian kewanitaan anda dengan membantu melancarkan aliran darah sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kehamilan anda selain itu lemak tersebut dapat mencegah anda melahirkan secara prematur.

Tips Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita

  • Olahraga

Selain memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi tentu hal tersebut tidaklah cukup, untuk memaksimalkan kesehatan anda setiap hari olahraga jangan anda lupakan, luangkanlah waktu anda untuk berolahraga minimal 2 kali dalam seminggu seperti jogging, senam, yoga, aeorobik dan bersepeda.

  • Mengatur pola dan gaya hidup yang lebih sehat

Dukung kesehatan anda dengan mengatur pola dan gaya hidup yang lebih baik dari sebelumnya seperti menghindari aneka jenis makanan yang kurang sehat ( makanan cepat saji, gorengan, minuman bersoda, alkohol ).

Nah itulah contoh jenis makanan untuk kesehatan wanita dan tips menjaga kesehatan tubuh yang bisa anda jadikan sebagai menu dalam setiap makan anda, semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi anda  dan menjadikan hidup anda lebih sehat.

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

1 Komentar

Leave a Comment