HOME
Home » Tips Kesehatan » Jenis Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil

Jenis Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil

Posted at Februari 28th, 2015 | Categorised in Tips Kesehatan

Jenis Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Untuk Ibu HamilMenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil – Masa kehamilan merupakan masa yang penting bagi seorang ibu sekaligus masa yang sulit karena selain faktor aktivitas yang berat dikurangi dari segi makanan pun harus dipertimbangkan dengan tujuan agar bayi yang dikandung oleh sang ibu tetap sehat. Pertumbuhan bayi dalam kandungan tergantung dari apa yang dikonsumsi oleh sang ibu selama masa kehamilan.

Maka diperlukan sikap kehati-hatian bagi seorang ibu dalam memilih Jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil dan mana jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi, karena banyak sedikitnya sangat mempengaruhi kesehatan anda terutama pada pertumbuhan sang bayi yang sedang anda kandung.

Mungkin bisa timbul dalam pertanyaan anda khususnya bagi ibu hamil mengapa makanan ini dan itu dilarang, disini saya akan menjelaskan tentang hal tersebut.

Kita sudah tahu kemajuan zaman dan teknologi sekarang ini, khususnya pada makanan berbagai cara dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengolah makanan tersebut baik yang mentah atau yang sudah jadi seperti menggunakan zat pewarna, pengawet, bahkan jenis makanan hasil rekayasa genetik. Tentunya ini berbahaya bagi anda bukan…?

Pada kesempatan kali ini saya akan menjabarkan dan menjelaskan apa saja jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil untuk dikonsumsi yang dapat membahayakan kesehatan tubuh dan janin anda, dengan begitu anda lebih bijak dalam memilih jenis makanan yang akan anda konsumsi.

Jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil

  • Daging setengah mentah
    Daging memang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil namun apa jadinya jika daging yang dikonsumsi tersebut setengah mentah, perlu diketahui bahwa daging setengah mentah terdapat beberapa bakteri coliform, toksoplasmosis, dan salmonella sangat tidak baik untuk pertumbuhan janin anda apalagi jika dikonsumsi selama masa kehamilan anda. Jadi jika anda ingin mengkonsumsi daging sebaiknya masaklah daging tersebut sampai benar-benar matang agar bakteri yang membahayakan janin anda pada daging tersebut mati.
  • Produk susu yang tidak dipasteurisasi
    Pasteurisasi adalah proses pengawetan makanan dengan cara melakukan pemanasan pada suatu makanan seperti susu, buah, dan makanan kaleng. Dengan tujuan agar bakteri, virus, dan mikro organisme yang dapat merugikan dan menyebabkan suatu penyakit dapat dibunuh.
    Sebaliknya susu yang tidak dipasteurisasi merupakan salah satu makanan yang dilarang untuk ibu hamil dan tidak baik untuk dikonsumsi, karena mengandung bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan, seperti susu sapi atau kambing  yang dipanen oleh para peternak skala kecil dan tanpa proses pasteurisasi terlebih dahulu sebelum menjual produk susu tersebut.
  • Telur mentah dan setengah mentah
    Pada masa kehamilan protein dan nutrisi lainnya sangat dibutuhkan oleh tubuh dan janin anda termasuk telur, untuk mengkonsumsi telur sebagai makanan ibu hamil pastikan telur tersebut benar-benar matang.
    Jadi hindarilah memakan telur mentah atau setengah mentah karena pada makanan tersebut masih terdapat bakteri yang dapat membahayakan tubuh dan janin anda.
  • Kafein
    Banyak perdebatan tentang mengkonsumsi kafein pada masa kehamilan ini sebagian para ahli mengatakan aman jika dikonsumsi oleh ibu hamil dan ada yang mengatakan sebaliknya.
    Perlu anda ketahui bahwa kafein dapat menghilangkan cairan dan kalsium didalam tubuh serta kafein juga dapat mengurangi penyerapan zat besi yang diperlukan oleh tubuh dan janin anda.
    Selain itu itu kafein juga menyebabkan detak jantung ibu hamil menjadi cepat apalagi pada janin anda.
    Jadi Apakah anda setuju, jika kefein merupakan salah satu makanan yang dilarang untuk ibu hamil …?
    Saran saya sebaiknya anda konsumsilah jenis minuman atau makanan yang sangat baik untuk kesehatan anda dan calon bayi anda seperti jus buah yang dianjurkan untuk ibu hamil.
  • Ikan yang mengandung merkuri tinggi
    Tidak semua ikan yang dilarang bagi ibu hamil untuk dikonsumsi justru ini sebaliknya, manfaat omega 3 yang terdapat pada ikan sangat baik untuk janin anda.
    Yang perlu di ingat bagi ibu hamil adalah mengkonsumsi jenis ikan yang mengandung merkuri yang tinggi dapat seperti ikan todak, ikan marlin, dan sea bass.
    Yang lebih penting lagi adalah merkuri ini dapat menyebabkan kerusakan otak dan sistem syaraf pada janin anda, jadi sebaiknya hindari  makanan ini bagi anda yang sedang hamil.
  • Sayuran dan buah yang tidak higienis
    Sayuran dan buah sangat penting bagi pertumbuhan janin dalam kandungan termasuk bagi anda. Karena ingin mendapatkan hasil dan keuntungan yang berlimpah maka banyak para petani yang menggunakan pestisida diluar aturan dalam usaha untuk menghasilkan aneka jenis buah dan sayuran, hal hasil semua jenis sayur dan buah yang dijual masih terdapat sisa pestisida yang menempel.
    Sebaiknya sebelum anda mengkonsumsi dan mengolah buah atau sayuran tersebut pastikan sayuran yang anda konsumsi tersebut sudah anda bersihkan higienis, Sayuran dan buah yang tidak higienis juga merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena sebagian besar sayuran dan buah tersebut masih terdapat sisa-sisa pestisida dan bakteri yang sangat berbahaya bagi kandungan anda.
  • Alkohol dan rokok
    Tak jarang bagi wanita yang sedang hamil menyukai alkohol dan rokok, bagaimanapun alasannya hal ini merupakan yang sangat dilarang oleh ibu hamil. alkohol dan nicotin yang terdapat pada rokok ini dapat menyebabkan keracunan pada bayi anda selain itu kedua jenis zat ini dapat menyebabkan keguguran bahkan kematian bagi calon bayi anda.
    Kalaupun bayi anda selamat dari hal tersebut, satu dampak lain yang anda temukan pada bayi anda yaitu kelainan genetik atau resiko kelahiran yang cacat.

Jenis sayur dan buah yang dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil

Selain jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil diatas ternyata ada juga jenis buah dan sayuran yang mempunyai hal yang sama seperti diatas, untuk lebih jelasnya saya akan memberikan beberapa contoh buah dan sayuran yang dilarang dikonsumsi bagi anda yang sedang hamil, diantaranya :

  1. Durian, Pepaya, Anggur, dan Nanas
    Durian mengandung 2 zat yaitu alkohol dan arachidonat, alkohol dapat menyebabkan bayi anda lahir dalam berat yang kurang atau cacat serta arachidonat bisa menyebabkan terjadinya kontraksi pada rahim sehingga menyebabkan anda keguguran.
    Didalam pepaya terkandung zat lateks, zat ini banyak terdapat pada buah pepaya yang setengah matang zat ini mempunyai efek yang sama dengan arachidonat, jadi jika anda ingin memakan pepaya maka pilihlah pepaya yang benar-benar matang.
    Anggur juga merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil, karena anggur ini menyebabkan kandungan anda menjadi panas.
    Pada nanas terdapat zat bromelain, zat ini bisa menyebabkan leher rahim anda menjadi lunak sehingga hal ini dapat memicu terjadinya persalinan dini pada kandungan anda.
  2. Kentang, Pare, Tauge, dan Daun pepaya
    Kentang yang dilarang untuk dikonsumsi bagi ibu hamil adalah kentang dalam keadaan setengah matang atau mentah, karena kentang dalam kondisi tersebut memungkinkan mengandung bakteri-bakteri yang berbahaya bagi kandungan anda.
    Pare juga jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil, karena di dalam pare  terdapat zat kina walaupun hanya sedikit, walaupun hanya sedikit, zat kina ini dapat mengakibatkan penyusutan pada rahim sehingga anda bisa mengalami keguguran.
    Bagi ibu hamil hindarilah mengkonsumsi tauge atau  makanan kecambah dan sejenisnya yang masih mentah, karena pada makanan tersebut terdapat bakteri yang masuk pada biji sebelum kecambah tumbuh, yang pasti sangat sulit dan jarang untuk dibersihkan, untuk mengkonsumsi makanan ini masaklah sampai matang seperti kentang.
    Daun pepaya banyak dimanfaatkan sebagai bahan campuran pada urap jenis makanan yang mungkin anda suka, namun jika ana sedang hamil maka hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung daun pepaya ini, karena zat yang terkandung dalam pepaya tersebut dapat menyebabkan rapuhnya ari-ari dari janin anda.

Nah itulah beberapa jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil, dan masih banyak lagi jenis makanan yang tidak baik, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang kesehatan kehamilan dan kesehatan janin anda.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamilbuah buahan yangmakanan yang di larang saat hamilmakanan untuk ibu hamilmakanan dilarang ketika hamilmakanan di larng orng hamilkonsumsi makanan ibu hamilbuah yg dilarang utk ibu hamilbuah yg dilarang untuk ibu hamilyang dilarang dimakan orang hamil,  

No comment for Jenis Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Jenis Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil

Makanan Diet Bagi Orang yang Bergolongan Darah A, B, AB, O

Makanan Diet Bagi Orang yang Bergolongan Darah A, B, AB, O

Posted at 23 Agustus 2016

Diet disamping dilakukan untuk menurunkan berat badan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Diet dengan mengatur pola hidup sangat berguna untuk mendapat tubuh... Read More

Cara Melangsingkan Tubuh dengan Diet Alami

Cara Melangsingkan Tubuh dengan Diet Alami

Posted at 15 Agustus 2016

Memiliki tubuh yang langsing adalah dambaan setiap orang terlebih wanita. Jika wanita memiliki tubuh yang langsing kepercayaan dirinya semakin meningkat. Namun bagaimana jika sudah... Read More

Cara Melangsingkan Tubuh dengan Diet Sehat

Cara Melangsingkan Tubuh dengan Diet Sehat

Posted at 14 Agustus 2016

Setiap wanita selalu menjaga penampilannya dengan cara menjaga tubuhnya agar tetap langsing. Berbagai cara melangsingkan tubuh mereka coba, terkadang ada yang mengalami kegagalan namun... Read More

7 Jenis Olahraga Efektif Untuk Mengecilkan Perut Buncit

7 Jenis Olahraga Efektif Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Posted at 13 Agustus 2016

Perut yang langsing, rata dan kencang menjadi dambaan semua orang. Tetapi akibat pola makan yang salah serta banyak mengonsumsi minyak, lemak, dan makanan yang... Read More

Tips Lengkap Cara Diet Golongan Darah A, B, O, AB

Tips Lengkap Cara Diet Golongan Darah A, B, O, AB

Posted at 12 Agustus 2016

Salah satu upaya untuk tetap menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengatur pola makan dan kebiasaan yang sehat sehingga tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit... Read More


Sudah Baca Artikel Ini?close