Kebiasaan Baik Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung – Setelah lama absen memberikan informasi mengenai masalah seputar kesehatan, dan untuk tetap memberikan informasi yang sangat baik untuk kita semua, maka pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai masalah kesehatan untuk jantung.

Jantung merupakan organ vital semua orang, semua siklus kehidupan organ tubuh kita bersumber dari aktivitas dan kerja jantung ini, jika jantung sudah mulai terganggu fungsi utamanya maka untuk kesehatan lainnya sudah bisa kita lihat dampaknya.

Memang sebagian orang masih tidak terlalu memperhatikan kesehatan untuk jantung ini, hal ini bisa disebabkan karena belum adanya gejala yang terlihat, kondisi tubuh masih terlihat segar. Tanpa kita sadari, dengan segala kegiatan dan pola hidup yang kurang sehat dan baik yang kita jalani sehari-hari maka lambat laun hal ini akan segara terlihat.

Sebenarnya untuk menjaga kesehatan jantung tidak lah sulit dan tidak memerlukan biaya yang sangat besar untuk memperolehnya, ada kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari tanpa kita sadari ternyata hal tersebut dapat menjaga kesehatan untuk jantung kita, nah berikut ini saya akan memberikan contoh kebiasaan baik yang dapat menjaga anda tetap sehat jantung.

Kebiasaan Baik Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Kebiasaan Baik Untuk Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

1. Berhenti merokok

Merokok memang satu hal yang tidak mudah untuk diubah terutama untuk pria, banyak hal yang bisa didapatkan jika mereka merokok ( menghilangkan stress, bosan dan sebagainya ), namun jika dilihat dari sisi kesehatan hal tersebut tidaklah berlaku, didalam sebatang rokok terdapat ratusan bahan kimia yang sangat berbahaya untuk jantung, nikotin dan tar yang di hisap dan menumpuk ini dapat menyumbat pembuluh-pembuluh darah sehingga jantung anda akan lebih bekerja ekstra untuk menyuplai darah ke seluruh tubuh. Jadi bagi anda yang ingin kondisi jantungnya tetap sehat maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah menguranginya, menghentikan, dan menghindarinya.

2. Berolahraga

Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan dalam waktu senggang anda, salah satunya dengan berolahraga, banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk melatih dan menjaga kesehatan jantung dan dengan rutin berolahraga satu kali dalam seminggu dapat mengurangi sepertiga anda mendapat resiko penyakit jantung dan stroke nah bagi anda yang ingin mendapatkan jantung sehat mari mulai dari sekarang kita biasakan berolahraga secara rutin seperti jogging, berenang, basket dan jenis olahraga lainnya.

3. Istirahat yang cukup

Lelah dengan segala jenis aktivitas anda maka berikanlah tubuh anda dengan istirahat yang cukup, dengan istirahat yang cukup maka maka hal ini akan mencegah terjadinya penumpukan jenis mineral kalsium dalam pembuluh darah jantung anda, dan jika pembuluh darah tersebut pecah hal ini dapat menyebabkan anda mendapatkan serangan jantung dan stroke.

4. Berjemur dengan sinar matahari pagi

Menjaga kesehatan jantung berikutnya yaitu dengan sinar matahari pagi sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit anda yaitu dengan mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D dan vitamin D tersebut dapat mengurangi pembentukan flak pada pembuluh darah anda dengan demikian maka jantung anda dapat menyuplai darah keseluruh tubuh anda dengan baik, tanpa harus bekerja dengan paksa untuk memompa darah.

Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Jantung Anda

  • Mengkonsumsi coklat

Mungkin sebagian orang terutama wanita, agak takut untuk mengkonsumsi coklat yang dapat menyebabkan kegemukan. Tapi tahukah anda, didalam coklat hitam terdapat flavonoid dan magnesium yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat serta asam stearat jenis lemak yang aman untuk jantung.

Yang anda perhatikan yaitu jenis coklat yang akan dikonsumsi, pastikan bahan coklat tersebut sebagian besar mengandung cocoa agar manfaatnya bisa anda rasakan dan jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya.

  • Mengkonsumsi makanan laut

Sebagian besar makanan laut mengandung lemak omega 3 yang dapat melumasi jantung anda dan lemak tersebut dapat menurunkan terjadinya aritmia jantung( jantung tidak normal ), kolesterol jahat, pengumpalan darah , dan tekanan darah tinggi.

Tips Menjaga Kesehatan Untuk Jantung Lainnya

Satu lagi cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung yaitu dengan tertawa, tertawa dapat menurunkan hormon stress yang dapat merusak pembuluh darah.

Pada saat anda stress maka adrenalin anda akan meningkat sehingga detak jantung anda tidak normal dengan demikian maka sejumlah trombosit yang ada akan lengket dan pembuluh arteri anda akan menyempit sehingga sirkulasi darah dari jantung tidak lancar dan terganggu. Jadi untuk itu maka hindari hal-hal yang membuat anda menjadi stress ya.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

kebiasaan baik untuk sehatkegiatan buat/jantung/sehat,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment