Makanan Untuk Diet Sehat yang Rendah Kolesterol

Makanan untuk diet rendah kolesterol – Setiap kita menjalani diet tentunya kita tidak ingin mendapat satu hal atau efek samping dari diet tersebut baik pada saat menjalani diet maupun pada masa yang akan datang. Salah satu efek yang mungkin akan ditimbulkan adalah masalah kolesterol.

Kolesterol merupakan jenis lemak yang terdapat dalam darah, pada umumnya terdapat dua jenis kolesterol yang mempunyai fungsi berlawanan, jika pada batas yang normal kolesterol mempunyai fungsi yang baik bagi tubuh diantaranya untuk membentuk membran sel, sebagai sumber energi, dan untuk membentuk hormon.

Namun sebaliknya jika kolesterol tersebut diatas batas normal maka banyak yang disebabkan oleh hal ini, baik jangka panjang maupun jangka pendek termasuk untuk sakit yang ringan dan sakit yang berbahaya seperti, sakit kepala, pusing, serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan berbagai penyakit lainnya.

Jenis-jenis penyakit tersebut tidak hanya menyerang orang yang menderita obesitas saja atau kelebihan berat badan / gemuk, namun semua orang bisa mendapat penyakit tersebut walaupun peluangnya tidak sebesar orang yang menderita obesitas. Bagi seseorang penderita obesitas dan untuk mengubah hal tersebut salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan diet secara rutin dan teratur sampai berat badan anda ideal dengan kondisi tubuh anda.

Makanan Untuk Diet Sehat yang Rendah Kolesterol

Makanan Diet Sehat Yang Rendah Kolesterol

Dalam menjalani diet pastinya dalam segi makanan untuk diet rendah kolesterol pasti anda sangat perhatikan. Kecermatan dan ketelitian anda dalam memilih makanan tersebut sangat ditekankan disini. Banyak jenis makanan diet yang dianjurkan tetapi makanan tersebut mengandung lemak jenuh dan lemak kolesterol, baik makanan tersebut masih mentah ataupun dari segi pengolahannya seperti daging yang diolah dengan santan atau masakan berkuah santan, telur, susu dan sebagainya.

Maka untuk menjalani diet yang sehat dan bebas dari efek samping kolesterol yang berlebihan maka tentunya harus mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak rendah serta sangat baik untuk diet dalam menurunkan berat badan anda yang tentunya makanan tersebut dapat menjaga kestabilan lemak dalam darah anda.

1. Sayur bayam

Jenis makanan hijau ini bisa anda jadikan salah satu makanan diet yang rendah kolesterol, pada bayam terdapat senyawa yang bernama lutein, senyawa tersebut dapat menjaga kesehatan jantung dengan mencegah lemak menempel pada pembuluh darah.

2. Gandum ( oat )

Gandum atau oat merupakan makanan untuk diet rendah kolesterol yang mengandung banyak serat, sehingga pada saat dicerna akan terasa lengket dan pada saat tiba di usus, makanan berserat ini akan menempel dan menyerap lemak kolesterol dan membuang melalui sistem pembuangan akhir.

3. Bawang putih

Selain digunakan sebagai bumbu masak, bawang putih juga sangat berfungsi untuk mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah. Cara kerja bawang putih ini dalam mencegah kolesterol adalah dengan mencegah partikel kolesterol menempel pada dinding pembuluh darah, tambahkan bawang putih ini dalam olahan makanan diet anda.

4. Teh

Teh mengandung zat yang bernama antioksidan flavonoid yang berfungsi mencegah oksidasi yang menyebabkan kolesterol menumpuk dalam darah. Sebaiknya minuman teh yang anda seduh jangan pakai gula atau pemanis lainnya. Jenis makanan lainnya yang mempunyai fungsi yang serupa adalah coklat hitam atau coklat pahit.

5. Kacang-kacangan

Jenis makanan ini tidak akan terlepas dari orang yang menjalani diet, kacang-kacangan mempunyai protein dan mengandung serat larut yang tinggi jadi sangat baik dijadikan sebagai makanan untuk diet rendah kolesterol bagi anda.

6. Ikan

Makanan diet ini pasti anda sangat suka karena sangat aman untuk anda konsumsi dalam menu diet anda, ikan mengandung zat omega 3 yang dapat menurunkan kadar trigliserida serta mencegah pembentukan plak pada pembuluh arteri sehingga pengentalan darah berkurang seperti ikan tuna, makerel, dan sarden. Selain ikan ( almon, kenari, mede ), ikan lain  juga mempunyai fungsi yang dengan ikan karena mengandung omega 3.

7. Buah alpokat

Alpokat adalah buah yang paling baik digunakan sebagai makanan diet sehat yang rendah kolesterol, karena buah ini mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik dalam diet menurunkan berat badan anda.

Kiat menjalani diet sehat agar berhasil

Walaupun anda mempunyai kadar kolesterol yang cukup tinggi dalam menjalani diet, selain memperhatikan jenis makanan untuk diet rendah kolesterol  yang cocok untuk anda seperti yang sudah kita bahas diatas tentunya anda ingin diet yang anda jalani berhasil berikut tipsnya :

  • Rajin berolahraga setiap hari.
  • Istirahat yang cukup.
  • Mengubah pola dan gaya hidup menjadi lebih sehat.
  • Berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol.

Dengan 4 tips tersebut dan program diet yang anda jalani maka untuk memiliki tubuh yang langsing serta ideal bukanlah hal yang mustahil bagi anda.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

menu rendah kolesterol,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment