HOME
Home » Tips Kesehatan » Manfaat Tanaman Kunyit untuk Kesehatan Tubuh & Kecantikan

Manfaat Tanaman Kunyit untuk Kesehatan Tubuh & Kecantikan

Posted at Mei 8th, 2015 | Categorised in Tips Kesehatan

Manfaat Tanaman Kunyit untuk Kesehatan Tubuh & KecantikanManfaat kunyit untuk kesehatan – Negara kita khususnya Indonesia, memang kaya akan aneka jenis tanaman dan tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Salah satu tanaman tersebut yaitu kunyit, siapa yang tidak tahu akan tanaman obat ini, mulai dari daun sampai buahnya bisa dimanfaatkan secara utuh.

Pada umumnya kunyit ini sering digunakan sebagai bahan pelengkap untuk masakan, namun seiring dengan kemajuan zaman kunyit ini bisa juga dimanfaatkan untuk hal yang lain seperti untuk kecanikan dan untuk kesehatan lainnya.

Di dalam kunyit mengandung banyak vitamin ( B1, B2, B6, B12, dan vitamin E ) serta senyawa lesitin, Mg-strearat, amprotab, kolidon, kurkumin, dan nepagin. Karena kandungan yang banyak ini maka kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan.

Bagi anda yang sudah mengetahui akan kunyit pastinya juga ingin tahu akan manfaat kunyit untuk kesehatan, maka pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai manfaat salah satu tanaman obat ini untuk kesehatan dan langsung aja kita simak yuk.

Manfaat Dan Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

  • Dapat menurunkan lemak

Bagi anda yang memiliki badan gemuk dan lemak yang berlebih maka kunyit ini bisa anda jadikan sebagai solusi untuk menurunkan lemak tersebut, kandungan kurkumin yang terkandung dalam kunyit tersebut dapat mengontrol dan mengendalikan berat badan anda selain itu manfaat tanaman juga dapat mencegah akumulasi lemak berbahaya yang ada di tubuh anda.

  • Dapat mengobati steroid / kortikosteroid

Manfaat kunyit untuk kesehatan juga didapatkan pada sebuah penelitian yang dilakukan, pada penelitian tersebut dinyatakan bahwa kandungan polifenol berwarna kuning yang terdapat pada kunyit bisa mengobati uveitis anterior kronis serta penyakit inflamasi pada mata, selain itu kurkumin yang dikandung oleh tanaman obat ini, kunyit juga bisa melindungi anda dari transplantasi paru-paru.

  • Membantu mengobati keputihan

Bagi wanita tanaman obat ini sangat bagus untuk anda manfaatkan sebagai obat untuk mengatasi keputihan yang berlebihan dengan cara meminum air rebusannya, tentunya agar manfaatnya bisa anda rasakan dalam membuat obat ini perlu anda tambahkan beberapa tanaman alami lainnya seperti daun beluntas, buah asam dan gula aren.

Manfaat Tanaman Kunyit Untuk Kecantikan

  • Untuk menghilangkan ketombe

Rambut merupakan mahkota bagi wanita, pastinya kebersihannya selalu anda jaga, jika rambut anda berketombe dan ingin menghilangkannya secara alami, maka anda bisa menggunakan kunyit dan minyak zaitun caranya cukup mudah yaitu cukup anda haluskan kunyit dan campurkan dengan minyak zaitun.

Kemudian oleskan kedua campuran bahan ini pada kulit kepala anda dan diamkan lebih kurang selama 20 menit, setelah itu anda bersihkan rambut dan kepala anda dengan shampo, lakukan perawatan rambut ini minimal 2 kali dalam seminggu dan rasakan lah manfaat kunyit untuk kesehatan rambut anda.

  • Dapat mencegah keriput dan penuaan dini

Manfaat berikutnya yaitu, selain untuk kesehatan kunyit juga bisa anda manfaat sebagai bahan untuk mencegah keriput dan penuaan dini, bagi anda yang ingin memanfaatkan kunyit untuk hal tersebut tidaklah sulit untuk anda lakukan yaitu menghaluskan kunyit dan ditambah dengan sedikit mentega kemudian anda jadikan sebagai masker atau oleskan pada wajah anda yang mulai tampak keriput.

Manfaat Lain Dari Tanaman Kunyit

  1. Mencegah infeksi luka, kunyit ini sangat baik bagi penderita diabetes yang mengalami luka.
  2. Dapat menghilangkan bekas luka bakar serta menyembuhkan memar.
  3. Sebagai zat anti kanker.
  4. Menurunkan kolesterol dalam darah
  5. Dapat melembabkan kulit.
  6. Dapat menghilangkan racun dan bahan kimia yang cukup berbahaya didalam tubuh.
  7. Membantu menghilangkan pigmentasi pada wajah akibat paparan sinar matahari.

Demikian dulu informasi mengenai manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh dan kecantikan, di dalam memanfaatkan tanaman ini, jika digunakan untuk luar tubuh seperti untuk mencerahkan kulit wajah maka jadikan kunyit ini sebagai masker sebaliknya untuk di dalam bisa dimanfaatkan dengan cara direbus atau dicampur dalam makanan.

No comment for Manfaat Tanaman Kunyit untuk Kesehatan Tubuh & Kecantikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Manfaat Tanaman Kunyit untuk Kesehatan Tubuh & Kecantikan

Makanan Diet Bagi Orang yang Bergolongan Darah A, B, AB, O

Makanan Diet Bagi Orang yang Bergolongan Darah A, B, AB, O

Posted at 23 Agustus 2016

Diet disamping dilakukan untuk menurunkan berat badan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Diet dengan mengatur pola hidup sangat berguna untuk mendapat tubuh... Read More

Cara Melangsingkan Tubuh dengan Diet Alami

Cara Melangsingkan Tubuh dengan Diet Alami

Posted at 15 Agustus 2016

Memiliki tubuh yang langsing adalah dambaan setiap orang terlebih wanita. Jika wanita memiliki tubuh yang langsing kepercayaan dirinya semakin meningkat. Namun bagaimana jika sudah... Read More

Cara Melangsingkan Tubuh dengan Diet Sehat

Cara Melangsingkan Tubuh dengan Diet Sehat

Posted at 14 Agustus 2016

Setiap wanita selalu menjaga penampilannya dengan cara menjaga tubuhnya agar tetap langsing. Berbagai cara melangsingkan tubuh mereka coba, terkadang ada yang mengalami kegagalan namun... Read More

7 Jenis Olahraga Efektif Untuk Mengecilkan Perut Buncit

7 Jenis Olahraga Efektif Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Posted at 13 Agustus 2016

Perut yang langsing, rata dan kencang menjadi dambaan semua orang. Tetapi akibat pola makan yang salah serta banyak mengonsumsi minyak, lemak, dan makanan yang... Read More

Tips Lengkap Cara Diet Golongan Darah A, B, O, AB

Tips Lengkap Cara Diet Golongan Darah A, B, O, AB

Posted at 12 Agustus 2016

Salah satu upaya untuk tetap menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengatur pola makan dan kebiasaan yang sehat sehingga tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit... Read More


Sudah Baca Artikel Ini?close