Khasiat dan Manfaat Sayur Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat brokoli untuk kesehatan – Brokoli adalah salah satu tanaman sayur yang bukan tanaman asli Indonesia, namun jenis sayur hijau ini berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno tanaman ini dibudidayakan. Tanaman brokoli masuk ke Indonesia baru sekitar tahun 1970-an, pada saat sekarang sayuran ini kini cukup populer sebagai bahan pangan dan pertanian, tanaman ini sangat cocok untuk daerah yang bercuaca sedang.

Brokoli merupakan jenis sayuran yang termasuk kedalam keluarga brassicacae, sayur brokoli mengandung berbagai mineral dan vitamin yang dapat melawan kanker yang merupakan salah satu manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh.

Brokoli sebagai zat anti kanker, kesehatan tulang dan sendi

Hal ini juga diperkuat oleh sebuah study percobaan apa manfaat brokoli untuk kesehatan dan pada pecobaan tersebut didapatkan hasil yaitu dengan banyak mengkonsumsi sayuran brokoli dapat menghentikan pertumbuhan kanker pada rahim, payudara, paru-paru, usus, hati, prostat. Jadi untuk terhindar dari penyakit kanker mungkin anda harus menambah porsi sayuran anda.

Sebagai jenis sayuran yang akan kaya manfaat pastinya anda tidak akan bosan untuk mengkonsumsinya, namun dini yang perlu anda perhatikan yaitu bagaimana cara pengolahan sayur brokoli untuk dikonsumsi, karena pengolahan brokoli ini berbeda dengan jenis sayuran lainnya karena jika salah anda dalam mengolahnya maka banyak manfaat brokoli yang akan hilang ” nutrisi yang dikandungnya “

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara pengolahan sayur brokoli dengan baik agar nutrisinya tidak hilang silahkan anda klik tautan ini ” Cara memasak brokoli dengan benar

Khasiat dan Manfaat Sayur Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

Didalam brokoli banyak sekali zat-zat yang sangat diperlukan oleh tubuh seperti vitamin C, vitamin E, vitamin B, Vitamin A, serat, Kandungan kalsium, magnesium, fosfor,folat, zat antioksidan, zat besi, dan nutrisi lainnya.

Yang pastinya manfaat brokoli bukan hanya sebagai senyawa anti kanker saja, banyak sekali manfaat sayuran ini untuk anggota tubuh baik itu di dalam maupun di luar. Pada kesempatan kali ini mari kita lihat lebih jelasnya manfaat jenis sayuran hijau satu ini :

Sulforaphane adalah salah satu zat fitokimia yang terdapat pada brokoli , zat ini bermanfaat untuk menetralkan karsinogen yang merusak sel sel pada tubuh, zat ini juga dapat membantu mengatasi osteoartritis dengan memblokir satu enzim tertentu yang dapat merusak sel sel tulang rawan dan degenerasi sendi.

Kandungan kalsium, magnesium, fosfor,folat dan zat besi yang terdapat pada brokoli sangat berguna untuk memperkuat tulang dan mencegah oesteoporosis yang sangat rentan terhadap wanita dewasa dan mencegah cacat saraf pada janin dalam masa kehamilan, serta zat besi yang dikandungnya dapat mencegah anemia atau kekurangan darah.

Manfaat brokoli untuk Kesehatan kulit, mata, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pada brokoli juga terdapat zat anti penuaan yang bernama glucoraphanin dan vitamin E, kedua zat ini dapat melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput terutama pada wajah, artinya brokoli juga dapat menjaga kesehatan kulit anda dari dalam.

Selain itu brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dengan menjaga penurunan fungsi mata serta kesehatan pada bagian retina mata anda karena brokoli juga mengandung vitamin A dan lutein.

Sayur brokoli juga sangat bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan kita karena brokoli adalah makanan serat atau makanan untuk diet yang baik. dan dengan vitamin C  yang dimilikinya brokoli dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta zat antioksidannya sebagai penangkal radikal bebas.

Bagi anda yang sedang hamil, maka sayuran ini sangat cocok untuk anda konsumsi setiap hari, karena selain bermanfaat untuk tubuh anda sendiri, brokoli juga bermanfaat untuk janin anda karena brokoli mengandung asam  lemak omega 3, zat ini sangat baik untuk perkembangan otak bayi anda ketika di dalam kandungan, inilah sebagian manfaat brokoli untuk ibu hamil dan janinnya.

Untuk melengkapi pembahasan ini manfaat brokoli juga dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, mengurangi tekanan darah tinggi, sesak napas, membantu menjaga kesehatan jantung, bukankan manfaat ini sangat cocok bagi anda yang masih merokok sampai sekarang…..?

Dan masih banyak lagi khasiat dan manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh yang bisa kita peroleh, dengan memperhatikan nutrisi yang kita makan dan mengatur pola hidup menjadi sehat adalah salah satu cara dalam menikmati hidup untuk lebih baik untuk ke depannya. demikian pembahasan yang singkat ini ya 🙂  semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, terima kasih. Jangan lupa ya berbagi dan sharing ulasan kepada teman dan siapa yang anda suka…. hehehehe 😉

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

manfaat brokoli untuk kesehatan dan cara pembuatan,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

1 Komentar

Leave a Comment