Cara Merawat Dan Menjaga Kesehatan Gigi Anak Agar Selalu Sehat

Cara merawat gigi – Anak yang sehat adalah anak yang kuat, mungkin istilah ini sudah tak asing lagi bagi anda sebagai orang tua. Di dalam kesehatan anak, menjaga kesehatan gigi sangatlah penting, gigi merupakan organ mulut yang jarang diperhatikan oleh anak-anak, anak hanya bereaksi kepada anda sebagai orang tua ketika giginya mulai terasa sakit, goyang ataupun berlubang.

Menjaga kesehatan gigi anak tidak kalah pentingnya dengan menjaga kesehatan gigi orang dewasa. Banyak cara merawat gigi pada anak-anak yang kurang mendapat perhatian dari orang tua, akibatnya anak-anak akan mengalami  sakit gigi, gigi yang hitam,  tidak rata, berlubang dan sebagainya. Contoh yang dekat bisa kita lihat disekitar tempat tinggal kita, anda bisa memperhatikan bagaimana gigi anak yang kurang terawat tersebut.

Cara merawat & menjaga kesehatan gigi anak

Salah satu cara merawat gigi anak secara rutin yang bisa dilakukan dalam menjaga kesehatan gigi anak yaitu dengan sikat gigi. Sikat gigi merupakan suatu kegiatan yang harus diperhatikan pada anak anak, dengan menyikat gigi secara teratur dapat membantu untuk menjaga kesehatan gigi pada anak anda.

Dalam hal ini yang sangat di perhatikan yaitu menyikat gigi  pada saat anak anda mau tidur, jangan sampai menyikat gigi sebelum tidur ini terlewatkan. Perlu anda ketahui bahwa perkembangan bakteri sewaktu anak tidur sangat cepat, jika anak anda sudah malas menyikat gigi sebelum tidur maka hal ini akan cepat merusak giginya.

Biasakan cara merawat gigi anak dengan cara menyikat gigi pada anak anda minimal 2 atau 3 kali dalam sehari dan jika anak anda malas untuk menyikat gigi, maka bujuk dan rayu anak anda dengan sesuatu yang ia suka. Selain itu anda sebagai orang tua juga harus memperhatikan jenis sikat gigi dan jenis pasta gigi yang akan digunakan untuk menyikat gigi anak anda.

Cara Merawat Dan Menjaga Kesehatan Gigi Anak Agar Selalu Sehat

Perhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsinya

Tidak hanya dengan sikat gigi saja cara merawat gigi yang baik untuk anak anda, dalam pemilihan jenis makanan perlu anda perhatikan juga, sebaiknya anda sebagai orang tua harus membatasi anak anda mengkonsumsi makanan yang mengandung gula termasuk permen karena sisa makanan yang mengandung zat gula tersebut merupakan tempat favorit tumbuhnya bakteri dan kuman tentunya ini tidak baik untuk kesehatan gigi anak anda bukan…?

Sebaiknya anda harus bijak memberikan jenis makanan yang dikonsumsi anak anda yang baik untuk kesehatan gigi dan mulutnya.

Lakukan perawatan gigi anak secara berkala

Untuk perawatan gigi jangka panjang usahakan untuk memeriksakan kesehatan gigi anak anda kepada dokter secara berkala, minimal sekali dalam 6 bulan. Cara merawat gigi yang satu ini jangan terlalu anda abaikan, bagaimanapun kita menjaga kesehatan gigi anak pasti ada batasnya yang belum tentu bisa kita lakukan, seperti membersihkan karang pada gigi dan hal lain yang kita sebagai orang tua tidak bisa kita lakukan dilakukan. Dah hal ini juga bisa memastikan bagaimana kesehatan gigi anak anda.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, dengan 3 cara merawat gigi anak agar selalu sehat diatas bisa menjadikan kita sebagai orang tua yang sayang kepada anak dan selalu memperhatikan hal sekecil apapun mengenai kesehatan tubuh anak.

Dengan gigi yang sehat maka ini akan dapat menambah keceriaan pada anak-anak dalam menjalani kreatifitas dan masa bermainnya tentunya itu merupakan suatu kebahagian tersendiri bagi anda sebagai orang tua dan keluarganya. Demikianlah cara merawat gigi sederhana yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam menjaga kesehatan gigi anak.

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment