Olahraga Sehat Yang Baik Bagi Penderita Osteoporosis

Olahraga yang baik bagi penderita osteoporosis – Seiring bertambahnya usia maka semakin berkurang pula bentuk fisik yang ideal nan sehat baik dari dalam maupun luar tubuh kita, bagaimana tidak dari usia muda sudah banyak melakukan aktivitas baik yang ringan maupun berat, namun hal itu memang sudah wajar karena tubuh kita bukan merupakan sebuah mesin yang jika rusak bisa diganti atau diperbaiki.

Salah satu contoh yang bisa dirasakan dampaknya secara langsung yaitu pada tulang, saat memasuki usia senja kepadatan tulang sudah sangat jauh berkurang, rapuh dan menjadi rentan dalam istilah kedokteran disebut ostoeporosis.

Olahraga yang baik bagi penderita osteoporosis

Bagi kita yang sudah mengidap penyakit ini baik orang tua, paman, atau orang disekitar kita masih bisa kok melakukan beberapa aktivitas yang ringan dengan didukung beberapa metode atau kegiatan yang bisa menjaga kesehatan tubuh dan kelenturan tubuh khususnya pada tulang yaitu salah satunya dengan berolahraga.

Berolahraga..?

Olahraga Sehat Yang Baik Bagi Penderita Osteoporosis

nah disini tentunya ada beberapa jenis olahraga yang baik yang bisa dilakukan bagi penderita osteoporosis, olahraga disini tentunya dapat menjaga kesehatan orang tersebut bukannya memperparah kondisi kesehatannya yang sudah sangat rentan. Diantara olahraga yang bisa anda atau orang lain lakukan yaitu :

Olahraga dengan beban tubuh dan beban tambahan

Olahraga  dengan beban tubuh disini berarti berolaraga yang mengunakan satu bagian anggota tubuh untuk menopang dari berat badan. Tentunya bagian tubuh yang anda gunakan yaitu kaki artinya bagi penderita osteoporosis lakukanlah jenis dengan olahraga yang banyak menggunakan kaki sebagai tumpuan berat badan atau tubuh anda.

Contoh olahraga yang bisa dilakukan seperti jogging, berjalan, dan menari. Olahraga ini bisa menjaga kekuatan dan kepadatan tulang yang sudah berkurang agar tetap bertahan, sebaiknya jangan anda lakukan olahraga yang resikonya lebih besar dari pada manfaat yang anda dapatkan seperti berenang, bersepeda, dan olahraga sejenis lainnya.

Bagi anda khususnya penderita osteoporosis yang bosan dengan olahraga itu-itu aja, anda bisa mencoba berolahraga dengan sedikit tambahan beban.

Untuk jenis olahraga ini anda perlu jeli dan teliti sebelum anda melakukannya melakukannya seperti mengangkat barbel atau olahraga angkat beban lainnya, akibatnya sangat fatal karena bagian tubuh untuk menopang beban tersebut tidak lah kuat, seperti tulang kaki, tangan, dan punggung. Sebaiknya anda harus mengukur jumlah beban yang anda angkat dengan kemampuan dan kekuatan anggota tubuh anda.

Lakukan juga olahraga kelenturan

Nah olahraga yang satu paling banyak diminati oleh penderita oesteoporosis karena minim resiko dan manfaat untuk kesehatan tubuh sangat besar.

Bagi anda yang tidak suka dengan olahraga yang menggunakan beban atau lebih suka melakukan sesuatu dalam suatu tempat tanpa berpindah-pindah, maka olahraga ini sangat cocok untuk anda, dan satu lagi yang menarik dari olahraga kelenturan ini adalah bisa dilakukan secara beramai-ramai dan diiringi dengan musik sehingga hal ini dapat menambah semangat anda dalam berolahraga kelenturan ini

Dengan berolahraga kelenturan dapat menjaga setiap sendi-sendi anda tidak kaku dan mudah cedera sekaligus dapat mempertahankan kepadatan tulang anda, contoh olahraga kelenturan ini yang bisa anda lakukan dan coba dirumah yaitu senam, yoga, dan tai chi.

Itulah beberapa olahraga yang baik bagi penderita osteoporosis, sebagai catatan kecil bagi penderita oesteoporosis hindarilah olahraga yang memerlukan gerakan memelintir, hentakan, gerakan yang tiba tiba dan bertenaga seperti badminton, tenis, golf dan sebagainya. Untuk menjaga tulang anda tetap sehat sebaiknya imbangi dengan mengkonsumsi suplemen yang tinggi akan kalsium seperti susu agar tetap sehat di usia senja dan semoga pembahasan ini bermamfaat untuk anda. Terima kasih.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

foto olahraga,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment