Penyebab Keputihan Pada Wanita dan Cara Mengatasinya

7Penyebab keputihan – Setiap wanita yang sudah dewasa pasti akan mendapatkan yang namanya keputihan, keputihan itu sendiri merupakan suatu cairan yang berlebihan dari kelamin wanita, keputihan tersebut yang normal berfungsi sebagai perlindungan dan pertahanan dari berbagai infeksi terhadap kelamin wanita dan merupakan hal yang normal bagi seorang wanita baik itu dikala akan mendapat tamu / menstruasi maupun pada saat kehamilan.

Namun apa jadinya jika keputihan yang anda alami tersebut itu merupakan keputihan yang abnormal, jika tidak ditangani dengan baik maka ini bisa berbahaya bagi kesehatan anda jika dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang hal ini bisa membuat anda menjadi mandul bahkan bisa menyebabkan anda mengidap penyakit kanker rahim.

Penyebab Keputihan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

  • Cairan tersebut berbentuk kental.
  • Bewarna lebih pekat ( putih susu, hijau, dan kuning ).
  • Jumlah cairan yang keluar cukup banyak.
  • Mengandung darah dan berbau tidak sedap.
  • Dapat menimbulkan rasa gatal dan nyeri pada sekitar organ anda.

Pada keputihan yang normal memiliki ciri-ciri sebaliknya yaitu cairan yang dikeluarkan berwarna bening sedikit berwarna putih, hampir tidak berbau, encer, dan tidak menimbulkan rasa nyeri dan gatal disekitar organ anda.

4 Penyebab Keputihan Pada Wanita

Setelah anda mengetahui ciri-ciri dari keputihan yang normal dan abnormal, sekarang mari kita cari tahu apa yang menyebabkan keputihan pada wanita itu sendiri, selain dari faktor keturunan dari ibu yang dibawa pada saat bayi dilahirkan dibawah ini ada beberapa penyebab yang harus anda tahu, diantaranya yaitu :

Penyebab Keputihan Pada Wanita dan Cara Mengatasinya

1. Disebabkan parasit trichomonas vaginalis

Keputihan yang disebabkan oleh parasit ini biasanya cairan yang dikeluarkan berbentuk kental, berwarna kuning atau kehijauan yang berbau anyir namun tidak menyebabkan rasa gatal tetapi rasa nyeri jika bagian organ anda ditekan. keputihan ini terjadi bisa hubungan seksual, perlengkapan mandi yang tidak higienis dan klosed yang kotor.

2. Disebabkan jamur candidas Albicans atau monolia

Pada jenis jamur yang satu ini cairan yang dikeluarkan berwarna putih susu, kental, berbau keras dan menyebabkan gatal akibatnya organ kewanitaan anda menjadi kemerahan dan meradang. Penyebab keputihan ini yaitu penyakit kencing manis, pemakaian pil KB serta rendahnya daya tahan tubuh anda. Penyebab seperti bisa tertular kepada anak anda ketika waktu anda melakukan persalinan yang tanpa sengaja sang anak menelan cairan ibu yang menderita keputihan seperti ini.

3. Disebabkan Virus

Nah keputihan yang disebabkan oleh virus ini cukup berbahaya bagi kesehatan wanita bisa menyebabkan kanker rahim, cairan yang dikeluarkan bisa menyebabkan organ anda seperti luka yang melepuh, dan terasa gatal serta panas. Penyebab keputihan yaitu seperti virus HIV/AIDS, condyloma, herpes dan seks bebas. Jenis-jenis virus tersebut dan menyebabkan penyakit kelamin (herpes, tumbuh kutil disekitar kelamin )

4. Disebabkan bakteri gardnella

Keputihan seperti ini  cairan yang dikeluarkan memiliki warna keabuan-abuan, berair , berbuih, berbau amis, dan menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu dan bisa menyebabkan anda mengidap penyakit sipilis.

Cara mengatasi keputihan pada wanita secara alami

  • Jika anda sedang menjalani diet maka lakukanlah diet yang seimbang dan banyak minum
  • Kurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula
  • Jika anda sedang menstruasi maka rajinlah mengganti pembalut
  • Hindari mandi ditempat umum atau kolam renang.
  • Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun dan menyerap keringat
  • Jagalah area kewanitaan anda tetap bersih dan higienis, Sebaiknya anda gunakan untuk menjaga kebersihan area kewanitaan anda seperti air rebusan sirih serta kebersihan tubuh anda. Bagaimana kebersihan area kewanitaan anda merupakan faktor terbesar terjadinya penyebab keputihan yang tak normal
  • Celana yang anda gunakan jangan terlalu ketat.
  • Hindari mencuci pakaian dengan deterjen yang mengandung pewangi dan pelembut pakaian, gunakan sabun yang ringan
  • Jangan pernah membersihkan area kewanitaan anda dengan produk yang mengandung aroma parfum
  • Jika menggunakan produk untuk mencegah keputihan pilihlah yang ada izin dan aman untuk digunakan atau yang direkomendasikan oleh dokter.

Demikian pembahasan mengenai penyebab keputihan pada wanita dan cara mencegahnya, mudah-mudahan anda puas dengan penjelasan yang singkat ini.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

Awak keputihan dari apaparasit di dalam bra yang bisa menyebabkan kanker,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment