HOME
Home » Kesehatan Wanita » Cara Mengetahui Tanda Awal Kehamilan Untuk Seorang Wanita

Cara Mengetahui Tanda Awal Kehamilan Untuk Seorang Wanita

Posted at Februari 27th, 2015 | Categorised in Kesehatan Wanita

Cara Mengetahui Tanda Awal Kehamilan Untuk Seorang WanitaTanda awal kehamilan atau hamil merupakan masa yang ditunggu oleh seorang wanita, apalagi jika wanita tersebut baru membangun keluarga yang baru, pastinya anda ingin mendapatkan keturunan dengan cepat, sehingga apa yang disebut dengan keluarga bisa anda rasakan.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kemajuan ilmu kedokteran pada saat ini, sudah banyak alat dan cara yang bisa mendeteksi bahwa anda sudah dipastikan hamil.

Terkadang untuk mendapatkan seorang keturunan tidak semudah yang kita bayangkan, banyak hal dan kendala yang kita hadapi sebelumnya seperti belum siap untuk memiliki keturunan, faktor ekonomi ,yang belum mendukung, dan berbagai alasan lainnya yang memungkinkan anda belum siap untuk hamil.

Yang jelas jika anda seorang wanita yang normal cepat atau lambat pasti anda akan merasakan yang namanya kehamilan.

Namun,  untuk seorang wanita pasti ingin tahu apakah dia sedang hamil atau tidak pada saat itu juga, tanpa melakukan hasil cek pada dokter. Untuk itu dengan memperhatikan dan melakukan tanda awal kehamilan yang kita bahas berikut ini sudah bisa memastikan bahwa anda sedang hamil atau tidak, berikut beberapa tanda yang perlu anda ketahui dan anda lakukan.

Cek tanda kehamilan anda dengan memperhatikan perubahan yang terjadi

  1. Tidak mengalami menstruasi
    bagi wanita yang sudah dewasa dan menikah pada umumnya dalam waktu tertentu dan teratur akan mengalami masa menstruasi atau haid, akan tetapi jika dalam waktu yang teratur tersebut anda tidak mendapatkan dan mengalaminya, kemungkinan anda sedang memasuki masa awal kehamilan.
  2. Mual mual atau Morning sickness
    Setelah tidak mengalami menstruasi atau haid, maka tanda awal kehamilan yang kedua ini akan anda rasakan secepatnya yaitu dengan mengalami Mual atau muntah, kedua hal ini merupakan tanda yang sudah umum dalam mendeteksi kehamilan anda.
    Yang perlu anda perhatikan dan catatan kecil adalah apa yang menyebabkan anda merasa mual atau muntah tersebut karena banyak hal yang bisa menyebabkan mual dan muntah tersebut seperti makanan yang dikonsumsi, kondisi kesehatan, masuk angin, dan sebagainya.
  3. Terjadi perubahan pada payudara
    Pada saat memasuki masa kehamilan bagi seorang wanita akan mengalami perubahan pada tubuhnya, salah satunya pada bagian payudara, jika payudara anda terasa bengkak, pegal dan ada sensasi kesemutan sebelum waktu anda akan memasuki masa menstruasi, kemungkinan anda sedang hamil. Namun adakalanya hal ini terjadi pada saat anda menstruasi atau haid.
  4. Mengalami kelelahan, sakit kepala, dan sering buang air
    Tanda yang ke empat ini mungkin sudah sering terjadi pada anda, namun mengalami kelelahan, sakit kepala, dan sering buang air ini tidak bisa dijadikan patokan sebagai kalau anda sedang hamil.
    Akan tetapi jika dalam masa pertama kehamilan ketiga tanda ini bisa anda rasakan, ini merupakan sebagai dampak karena adanya perubahan dalam tubuh anda tentunya dengan memperhatikan tanda awal kehamilan lainnya.
  5. Adanya bercak darah
    Pada awal kehamilan biasanya keluar bercak darah ini di sebabkan karena adanya pendarahan ringan dalam rahim anda atau pendarahan implantasi.
    Pendarahan ini bukanlah menstruasi tapi hal ini disebabkan embrio janin mulai melekat pada dinding rahim anda jadi anda tidak perlu cemas jika masa menstruasi anda sudah atau belum terjadi.

Mengetahui tanda awal kehamilan melalui alat bantu

  • Melalui alat tes kehamilan atau test pack
    Alat dari hasil kemajuan ilmu kesehatan yang bisa kita jadikan sebagai pendeteksi tanda awal kehamilan yaitu test pack atau alat tes kehamilan Alat ini mendeteksi tanda tanda kehamilan anda melalui air urine yang anda teteskan pada alat tersebut.
  • Secara umum alat memberikan hasil yang akurat pada anda, apakah kehamilan anda ini positif atau tidak sebelum menggunakan alat ini perhatikan cara penggunaan alat ini agar hasilnya tes kehamilan anda sempurna.

Semua tanda awal kehamilan untuk seoarang wanita diatas dapat dikombinasikan sebagai tolak ukur yang kuat kalau anda sedang hamil, segeralah konsultasikan kehamilan anda kepada dokter kandungan untuk langkah selanjutnya dalam menjaga kesehatan kandungan anda, semoga pembahasan ini bermanfaat, terima kasih.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

mengapa wanita dewasa dapat mengalami kehamilan,  

No comment for Cara Mengetahui Tanda Awal Kehamilan Untuk Seorang Wanita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Cara Mengetahui Tanda Awal Kehamilan Untuk Seorang Wanita

Mencukur Bulu Ketiak, Baik Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted at 23 Maret 2017

Memang masih ada perdebatan terkait cukuran pada ketiak. Ada yang yang bilang bahwa mencukur bulu ketika hanya akan menimbulkan efek negatif. Sebab bulu ketiak... Read More

Tips Merawat Wajah Agar Tampak Lebih Segar

Tips Merawat Wajah Agar Tampak Lebih Segar

Posted at 3 Mei 2016

Wajah yang segar dan terlihat bersih tentunya menjadi salah satu hal yang di inginkan setiap wanita agar terlihat lebih cantik dan menarik. Kendati demikian,... Read More

Diet Cara Menguruskan Badan Dengan Cepat Secara Alami

Diet Cara Menguruskan Badan Dengan Cepat Secara Alami

Posted at 10 Februari 2016

Cara menguruskan Badan – Badan yang ideal bisa dilihat dengan cara menghitung apakah tinggi badan dan berat badan sudah cocok atau tidak. Selain itu umur juga... Read More

Cara Mengecilkan Perut dengan Diet Sederhana Secara Alami

Cara Mengecilkan Perut dengan Diet Sederhana Secara Alami

Posted at 8 Februari 2016

Cara mengecilkan perut dengan diet bisa dilakukan dengan memulai hidup sehat dan mengatur pola makan, kebiasaan sehat, dan menghindari hal-hal yang bisa memicu pertambahan berat... Read More

Mari Kenali Apa Saja Ciri-Ciri Dan Tanda Kanker Serviks

Mari Kenali Apa Saja Ciri-Ciri Dan Tanda Kanker Serviks

Posted at 29 Januari 2016

Ciri-ciri kanker serviks – Salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita tentunya adalah kanker serviks. Namun ketakutan yang terbesar adalah karena... Read More


Sudah Baca Artikel Ini?close