HOME
Home » Tips Kesehatan » Umum » Tips Menjalani Puasa Sehat Bagi Ibu Pada Saat Menyusui

Tips Menjalani Puasa Sehat Bagi Ibu Pada Saat Menyusui

Posted at Juni 22nd, 2015 | Categorised in Tips Kesehatan, Umum

Tips Menjalani Puasa Sehat Bagi Ibu Pada Saat MenyusuiTips puasa sehat saat menyusui – Anda pasti sudah tahu bahwa puasa di bulan ramadhan adalah suatu kewajiban yang harus dijalani bagi anda yang beriman, Namun dalam agama islam dalam menjalani  ibadah puasa diberikan kemudahan atau keringanan bagi anda ( seorang ibu hamil atau menyusui )  yang memang tidak sanggup untuk menjalani dan melaksanakan ibadah puasa yaitu dengan membayar fidyah atau mengganti puasa tersebut di hari lain, akan tetapi jika anda sanggup untuk menjalani puasa alangkah baiknya puasa itu anda laksanakan sebaik mungkin.

Sebenarnya berpuasa pada saat menyusui bagi seorang ibu tidaklah berpengaruh terhadap kesehatan sang ibu, memang sang ibu tidak mengkonsumsi makanan apapun kurang lebih 14 jam namun produksi ASI tidak akan berkurang serta kualitas dan nutrisi yang dihasilkan tidak akan berbeda dibandingkan pada saat ibu tidak berpuasa.

Tips Berpuasa Yang Sehat Bagi Ibu Saat Menyusui

Sebagai catatan kecil untuk tips puasa sehat saat menyusui bagi ibu yang baru memiliki bayi yang masih berusia dibawah 6 bulan sebaiknya tidak berpuasa, karena pada saat ini ASI merupakan satu-satunya makanan yang diperlukan oleh sang bayi dalam kapasitas yang banyak sehingga tubuh bekerja dengan giat untuk memproduksi ASI tentu ini membutuhkan asupan jumlah gizi dan nutrisi yang banyak pula.

Memilih Menu Sahur Yang Sehat

Nah jika anda ingin melakukan puasa tentunya sahur tidak akan anda lewatkan terutama bagi ibu yang sedang menyusui,  ada baiknya anda mengetahui tips pada saat sahur berikut ini :

  1. Makan dalam porsi yang ganda

Seperti yang kita tahu bahwa ibu yang sedang menyusui  banyak membutuhkan jumlah asupan nutrisi dan gizi dalam meproduksi ASI. Maka untuk itu pada saat anda sahur makan lah dalam porsi yang lebih banyak daripada biasanya agar tubuh anda bisa meprodiksi ASI semaksimal mungkin.

  1. Konsumsi jenis makanan yang dapat memperbanyak ASI

Tips puasa sehat saat menyusui bagi ibu pada saat sahur yaitu mengkonsumsi jenis makanan yang dapat membantu memperbanyaj jumlah ASI anda, beberapa jenis makanan yang bisa anda jadikan sebagai menu sahur anda yaitu sup, daging, ayam ikan, pepaya, bayam, oatmeal, dan wortel.

  1. Perbanyak minum air puith

Selain memperhitungka jenis makanan yang akan dikonsumsi pada saat sahur, air putih juga sangat perlu anda cukupi pada saat sahur anda karena air putih juga dapat membantu memperbanyak prodiksi ASI anda.

Tips Pada Saat Berbuka Puasa

Berbuka puasa merupakan adalah waktu yang paling anda tunggu – tunggu, memang pada saat berbuka sejenak keletihan yang anda rasakan akan terobati, pada tips puasa sehat saat menyusui bagi ibu pada saat berbuka ada baiknya untuk mengetahui tips berbuka berikut ini :

  1. Berbuka dengan yang manis

Biar bagaimanapun setelah anda menjalani puasa seharian penuh, anda disunnahkan untuk berbuka dengan yang manis, bagi ibu yang sedang menyusui awali berbuka anda dengan kurma, secara medis mennyatakan pada kurma terdapat suatu zat yang dapat memacu kelenjar air susu untuk memproduksi ASI

  1. Konsumsi buah yang banyak mengandung air

Selain kurma anda juga mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air untuk menambah menu berbuka anda, agar cairan yang hilang pada tubuh anda selama menjalani puasa cepat tergantikan, contoh buah yang banyak mengadung cairan ini seperti, semangka, melon, jeruk, timun suri, dll.

  1. Lengkapi dengan sayur mayur

Selain mengkonsumsi makanan yang dapat membantu memperbanyak ASI seperti ubi jalar, pare, daun katuk, kacang-kacangan, telu dan biji adas. Lengkapi kebutihan gizi, nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh anda dengan sayur mayur yang sehat.

  1. Tambah dengan susu untuk ibu menyusui
  2. Istirahat yang cukup dimalam hari setelah selesai melaksanakan ibadah.

Dan Semoga tips puasa sehat saat menyusui yang dibahas diatas bisa bermanfaat untuk anda.

No comment for Tips Menjalani Puasa Sehat Bagi Ibu Pada Saat Menyusui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Tips Menjalani Puasa Sehat Bagi Ibu Pada Saat Menyusui

Makanan Diet Bagi Orang yang Bergolongan Darah A, B, AB, O

Makanan Diet Bagi Orang yang Bergolongan Darah A, B, AB, O

Posted at 23 Agustus 2016

Diet disamping dilakukan untuk menurunkan berat badan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Diet dengan mengatur pola hidup sangat berguna untuk mendapat tubuh... Read More

Cara Melangsingkan Tubuh dengan Diet Alami

Cara Melangsingkan Tubuh dengan Diet Alami

Posted at 15 Agustus 2016

Memiliki tubuh yang langsing adalah dambaan setiap orang terlebih wanita. Jika wanita memiliki tubuh yang langsing kepercayaan dirinya semakin meningkat. Namun bagaimana jika sudah... Read More

Cara Melangsingkan Tubuh dengan Diet Sehat

Cara Melangsingkan Tubuh dengan Diet Sehat

Posted at 14 Agustus 2016

Setiap wanita selalu menjaga penampilannya dengan cara menjaga tubuhnya agar tetap langsing. Berbagai cara melangsingkan tubuh mereka coba, terkadang ada yang mengalami kegagalan namun... Read More

7 Jenis Olahraga Efektif Untuk Mengecilkan Perut Buncit

7 Jenis Olahraga Efektif Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Posted at 13 Agustus 2016

Perut yang langsing, rata dan kencang menjadi dambaan semua orang. Tetapi akibat pola makan yang salah serta banyak mengonsumsi minyak, lemak, dan makanan yang... Read More

Tips Lengkap Cara Diet Golongan Darah A, B, O, AB

Tips Lengkap Cara Diet Golongan Darah A, B, O, AB

Posted at 12 Agustus 2016

Salah satu upaya untuk tetap menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengatur pola makan dan kebiasaan yang sehat sehingga tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit... Read More


Sudah Baca Artikel Ini?close