Tips Dan Cara Sehat Untuk Berpuasa Bagi Penderita Maag

Tips berpuasa sehat bagi penderita maagPuasa di bulan ramadhan bagi umat muslim merupakan salah satu rukun islam dan wajib hukumnya untuk dijalani bagi anda yang sudah baligh dan berakal serta beriman. Setiap kita mempunyai cara tersendiri bagaimana menjalani puasa ramadhan itu sebaik mungkin.

Bagi anda yang tidak mempunyai masalah gangguan kesehatan, maka tidak ada alasan untuk tidak berpuasa, namun bagimana jika ada diantara anda yang mempunyai masalah gangguan kesehatan untuk menjalani puasa terutama bagi penderita penyakit maag.

Sebenarnya maag bukanlah suatu alasan yang mendukung bagi anda untuk tidak berpuasa, dengan tips berpuasa sehat bagi penderita maag yang sehat berikut ini maka puasa di bulan ramadhan bisa anda jalani tanpa harus takut maag anda kambuh, hal ini sudah didukung oleh  beberapa penelitian yang menyatakan bahwa puasa itu tidak menyebabkan penyakit maag  kambuh yang perlu diperhatikan yaitu memilih jenis makanan sehat yang tidak dapat memicu maag kambuh.

Tips Memilih Jenis Makan Bagi Penderita Maag

Agar maag anda tidak kambuh selam menjalani puasa tentu jenis makan yang dikonsumsi saat sahut atau berbuka harus diperhatikan untuk selengkapnya bisa anda lihat dibawah ini :

  1. Pada saat anda sahur hindari jenis makanan yang dapat memicu asam lambung anda meningkat atau yang mengandung gas seperti sawi,kol ,kubis,kacang-kacang, buah nangka, durian.
  2. Pada saat berbuka puasa sebaiknya awali dengan makanan atau minuman yang mengandung pemanis alami seperti kurma, atau air kelapa.
  3. Tips berpuasa sehat bagi penderita maag dalam memilih jenis makanan berikutnya yaitu pada saat saat sahur atau berbuka kurangilah mengkonsumsi makanan bersifat pedas serta makanan yang berlemak serta aneka gorengan jika perlu sebaiknya anda hindari.
  4. Hindari juga makan yang sulit dicerna seperti keju, coklat, cake dengan krim
  5. Hindari mengkonsumsi minuman yang bersoda , susu full cream, dan kopi terutama saat berbuka.
  6. Bagi anda yang merokok untuk sementara waktu sebaiknya anda kurangi atau hentikan terutama pada saat menjalani ibadah puasa.
  7. Untuk menjaga maag anda tidak kambuh pada saat menjalani puasa konsumsilah obat maag yang sesuai untuk anda sebelum sahur dan setelah berbuka.

Jenis Makanan Yang Cocok Bagi Penderita Maag

Memang bagi anda penderita maag banyak pantangannya dalam mengkonsumsi jenis makanan yang ada, akan tetapi dalam tips berpuasa sehat bagi penderita maag masih banyak jenis makanan yang bisa anda konsumsi pada saat sahur atau berbuka  berikut jenis makan sehat yang bisa anda variasikan dalam menu santap anda diantaranya yaitu Kentang, Pisang masak, sereal, brokoli, buah pepaya, bubur ayam( tanpa jeroan ), jus lidah buaya serta makan sehat lainnya yang menurut anda tidak mempunyai pengaruh terhadap maag anda.

Tips Dan Cara Sehat Untuk Berpuasa Bagi Penderita Maag

Tips Berbuka Yang Sehat Bagi Penderita Maag

  1. Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis.
  2. Pada saat berbuka jangan langsung makan dalam porsi yang besar, berikan waktu jeda pada setiap makanan yang akan dikonsumsi. Sebaiknya mulai dengan porsi yang kecil.
  3. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.
  4. Air putih jangan lupakan.
  5. Jangan berlebihan dalam menikmati menu berbuka anda.
  6. Buah dan sayur jang lupakan.
  7. Bersyukur, karena hari anda sudah bisa menjalani puasa dengan sebaik mungkin.

Semoga pembahasan tips berpuasa sehat bagi penderita maag yang sudah dibahas diatas bermanfaat untuk anda.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

tips berpuasa bagi penderita maagCara menjalankan puasa bagi penderita maagcara makan saat puasa untuk penderita maagcara duet dengan puasa tapi punya maagcara berpuasa orang yg punya penyakit maggcara berpuasa bagi yg punya sakit maag agar ttp bisa menjalani puasacara berpuasa bagi ibu hamil penderita magcara berbuka puasa untuk orang sakit magCara berbuka dan sahur untuk yang sehat untuk sakit maagtips menjalankan puasa agar maag tidak kambuh,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment