Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga? Jangan Lupa ini!

Jadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Tuntutan hidup yang tidak memungkinkan seorang ibu hanya mengurus rumah saja memang jadi tantangan tersendiri.

Ada pula yang tidak bisa meninggalkan tanggung jawab karir sehingga harus merangkap kedua tanggung jawab ini. Nah, agar sukses jadi seorang ibu yang baik juga sebagai pekerja yang sukses, Anda jangan lupa akan hal penting berikut ini. Hal-hal penting apa saja? Mari simak poin-poin dalam artikel kali ini.

Tips Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga

  1. Jalin komunikasi

Ya, komunikasi adalah bagian terpenting agar Anda sukses dalam dua tanggung jawab sekaligus. Tidak jarang mereka yang merangkap tanggung jawab ini malah lupa untuk menjalin komunikasi dengan semua anggota keluarga, baik suami dan anak-anak. Untuk mengatasinya, Anda dapat tetap selalu dekat dengan keluarga. Gunakan sarana komunikasi yang semakin memudahkan sekarang ini. Anda dapat menghubungi si kecil melalui telepon setiap jam makan siang untuk menanyakan aktivitas mereka.

  1. Manajemen waktu

Untuk dapat melakoni kedua profesi ini berarti Anda siap untuk mengelola waktu dan membagi waktu secara efektif. Jadi, sesibuk apapun Anda sebagai pekerja, ingatlah bahwa Anda adalah seorang ibu rumah tangga. Menyiapkan sarapan, menyelesaikan pekerjaan rumah, mengurus kebutuhan anak dan sebagainya tentu jadi prioritas. Termasuk pula untuk mengurus jaminan kesehatan untuk keluarga. Kadang hal ini bisa luput dari perhatian. Oleh karena itu, sediakan pula waktu untuk mengurus kepersertaaan jaminan kesehatan seperti asuransi BPJS kesehatan. Selain sebagai proteksi, Anda dan keluarga mendukung program pemerintah.

Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga Jangan Lupa ini

  1. Kerja sama dengan suami

Anda tidak sendiri, kan? Jadi, bekerjasamalah dengan suami Anda agar sukses menangani pekerjaan dan tanggung jawab Anda. Jadi, tidak ada salahnya untuk minta bantuan suami, bahkan untuk hal-hal yang menyangkut dapur. Anda dan suami dapat berdiskusi bersama untuk menentukan tanggung jawab masing-masing. Jika anak sudah dalam usia yang cukup, Anda dan suami dapat pula melibatkan anak-anak untuk beberapa tanggung jawab rumah tangga. Anda dan suami dapat semakin harmonis, anak-anak pun belajar jadi anak yang mandiri.

  1. Luangkan waktu sepenuhnya

Selesai dengan tugas-tugas di kantor, di akhir pekan, Anda dapat meluangkan waktu sepenuhnya hanya untuk keluarga saja. Ini karena di akhir pekanlah, Anda punya waktu sepenuhnya dari pagi hingga malam untuk keluarga. Jadi, pergunakan sebaik-baiknya. Sebisa mungkin dan bahkan wajibkan pada diri Anda diri sendiri untuk tidak ‘memegang’ pekerjaan kantor apapun demi fokus pada keluarga sepenuhnya.

  1. ‘Me Time’

Waktu untuk diri sendiri pun sebaiknya tak luput dari daftar tanggung jawab Anda. Dengan menyediakan yang terbaik bagi Anda maka Anda seperti sedang menge-charge daya lagi. Anda bisa menikmati waktu untuk berendam air panas atau pergi ke salon untuk sekadar spa ataupun creambath agar rileks kembali.

Dengan begitu, tubuh Anda tetap fit, pikiran pun jernih. Sangat disayangkan kalau saja Anda malah jatuh sakit. Memang ketika sakit, ada asuransi dari kantor ataupun BPJS Kesehatan yang akan menanggung Anda tetapi waktu yang dihabiskan di rumah sakit tentu merepotkan, bukan? Jadi, daripada secara perlahan membuat Anda sakit karena terlalu sibuk, cobalah untuk sediakan waktu bagi tubuh rileks kembali.

Tidak dipungkiri menjalani dua tanggung jawab sekaligus tidaklah mudah, bahkan sangat sulit. Jika kemudian hari kemampuan finansial keluarga Anda dirasa sangat cukup, Anda mungkin dapat memikirkan untuk fokus secara penuh pada keluarga.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

wanita kariribu rumah tangga atau wanita karirIbu rumah tangga stres,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment