Waspadai Penyebab Dan Gejala Terjadinya Kanker Serviks

Penyebab kanker serviks – Penyakit kanker serviks memang masih menjadi momok serius yang menghantui para wanita termasuk di Indonesia. Meskipun begitu masih belum banyak orang yang memahami dengan baik mengenai penyakit tersebut secara lebih mendalam. Hal penting yang juga perlu untuk anda ketahui adalah penyebab dan gejala terjadinya kanker serviks secara lebih detail.

Memahami Penyebab Dan Gejala Kanker Serviks

Jika anda mengetahui dengan baik bagaimana proses penyakit mulai dari penyebabnya maka setidaknya anda bisa melakukan tindakan pencegahan dengan meminimalisasi faktor penyebab kanker serviks tersebut. Sebenarnya penyakit ini disebabkan oleh virus yang lebih tepatnya Human Papiloma Virus atau biasa dikenal juga dengan HPV. Perlu diperhatikan bahwa virus ini sangat mudah berpindah atau menyebar melalui cairan atau sentuhan kulit. Apalagi jika anda tidak menjaga kebersihan kamar mandi secara teratur maka juga bisa menyebabkan resikonya lebih besar.

Namun diluar prosea penularan tersebut, yang bisa menjadi penyebab kanker serviks adalah kebiasaan hidup yang tidak sehat. Salah satunya adalah kebiasaan merokok yang dapat menyebabkan berbagai resiko penyakit tentunya. Kemudian anda yang kekurangan vitamin C dan E juga asam folat dapat beresiko terjangkit virus HPV dan penting untuk menjadi perhatian anda.

Mengenal Ciri Berdasarkan Penyebab Kanker Serviks

Berbicara mengenai ciri kanker serviks memang masih ketidakpahaman di masyarakat. Salah satu yang paling mudah dikenali adalah terjadinya pendarahan yang tidak normal pada organ kewanitaan anda. Sehingga harus diperhatikan dengan baik bagaimana siklus menstruasi anda setiap bulannya. Jika anda merasakan adaya keputihan yang berlebihan atau sampai terjadi pendarahan maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk meminimalisasi resikonya.

Pendarahan memang merupakan ciri umum yang dapat anda perhatikan tanpa harus ke dokter. Tetapi tidak semua pendarahan yang anda alami merupakan gejala kanker serviks. Oleh karena itu anda harus melakukan pemeriksaan secara detail kepada dokter. Menghindari penyebab kanker serviks mulai dari membiasakan hidup sehat adalah salah satu tindakan tepat untuk menurunkan tingkat resiko dari penyakit ini. Selain itu memenuhi asupan gizi yang lengkap dapat membantu mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh anda.

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment