10 Khasiat Dan Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun kemangi – Daun kemangi dikenal sebagai lalapan yang nikmati ketika sedang makan bersama dengan makanan khas sunda. Orang sunda memang terkenal dengan lalapan mentah beraneka ragam termasuk diantaranya daun kemangi. Manfaat dan khasiat daun kemangi sendiri ternyata banyak sekali selain untuk dikonsumsi sebagai lalapan bagi acara makan yang menyenangkan.

Kemangi itu sendiri termasuk jenis tanaman yang hampir menyerupai rumput, dimana daun nya memiliki bulu halus yang aman bagi kulit dan memiliki aroma yang khas, hal inilah maka banyak orang menjadikan memanfaatkan tanaman ini sebagai lalapan yang bergizi.

10 Manfaat Dan Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh

Dari sekian banyak tanaman yang ada di Indonesia, daun kemangi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat daun kemangi bisa digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit dan berbagai jenis keluhan medis, diantaranya:

  1. Mengatasi bau mulut akibat gusi berdarah, gigi berlubang dan lainnya.
  2. Mengatasi bau pada badan yang tidak sedap.
  3. Menjaga kesehatan pada mata karena mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.
  4. Mengobati batuk dan pilek dengan dibuatkan wedang kemangi yang hangat ketika musim dingin sekaligus untuk menghangatkan tubuh sehingga akan terasa nyaman.
  5. Melawan terjadinya menopause dini dengan kandungan zat triptofan yang akan menghambat datangnya menopause.
  6. menghambat terjadinya keriput sebagai tanda penuaan dini dan mampu mengangkat sel kulit mati.
  7. Menjaga kesehatan jantung dengan kandungan beta karoten dan magnesium yang sangat tinggi.
  8. Menghangatkan tubuh jika dikonsumsi ketika sedang musim dingin.
  9. Manfaat daun kemangi selanjutnya dapat mengatasi terjadinya peradangan karena kemangi memiliki kandungan cineole myrcene dan eugenol yang bisa menjadi anti biotic alami di dalam tubuh yang akan mencegah terjadinya peradangan pada tubuh.
  10. Mengatasi adanya keputihan yang terjadi pada wanita karena adanya antibiotik pada daun kemangi. dengan kandungan antibiotik yang mampu membunuh bakteri serta jamur yang berkembang di organ kewanitaan.

Untuk memanfaatkan daun kemangi selain dijadikan lalapan anda bisa memanfaatkannya dengan cara merebus daun kemangi tersebut dan meminum air rebusan kemangi tersebut selagi hangat.

10 Khasiat Dan Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh

Itu dia beberapa manfaat daun kemangi yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Daun kemangi yang masih segar dan muda tentu memiliki kandungan yang lebih baik dibandingkan dengan daun kemangi yang sudah tua. Pengolahan daun kemangi pun turut menentukan bagaimana efek dari khasiat yang ada pada daun kemangi, apakah menjadi lebih baik atau malah tidak menghasilkan efek apa-apa karena salah dalam pengolahan.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

ragam manfaatragam manfaat trans 7ragam manfaat trans7ragam manfaat trans7 hari iniala ragam manfaatRagammampaatmanfaat daun kemangi untuk keluhan priaragammanfaat trans7ragam manfaat daunkemangikhasiat kemangi,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment