9 Cara Membuat Badan Pria Menjadi Berotot

Cara membuat badan berotot – Memiliki badan berotot bagi pria merupakan suatu keinginan tersendiri, ada kepuasan tersendiri yang dirasakan bagi seorang pria yang memiliki badan berotot tersebut.

Didalam penampilan dan style badan berotot ini sangat menentukan, bisa kita lihat dan perhatikan kebanyakan wanita menyukai pria yang berotot dengan alasannya yang beragam. Tubuh yang berotot tidak hanya didukung dengan olahraga yang bertujuan pembentukan saja. Sekitar 80% dalam pembentukan otot berasal dari makanan dan nutrisi yang dikonsumsi.

9 cara agar tubuh pria menjadi berotot

Banyak diantara pria yang gagal membuat badannya menjadi berotot atau waktu yang diperlukan sangat lama, padahal dari segi waktu dan biaya sudah banyak dikorbankan, sebenarnya untuk membuat badan berotot bukan hanya memperhatikan makanan dan suplemen saja, namun banyak faktor lain yang mempengaruhinya seperti pola hidup dan kebiasaan yang tidak baik, tidak sepenuh hati melakukannya, dan berbagai faktor lainnya.

Nah pada kesempatan kali ini mari kita bahas beberapa cara membuat badan berotot  yang bisa anda jadikan sebagai acuan untuk membantu anda dalam membuat badan menjadi berotot. dari 9 cara ini saya akan membagi menjadi 2 faktor dan cara yang saling berhubungan, langsung aja kita simak yuk.

9 Cara Membuat Badan Pria Menjadi Berotot

5 Cara atau faktor yang mempengaruhi badan menjadi berotot

Ini adalah merupakan faktor dan cara yang mempengaruhi bagaimana badan kita bisa berotot dengan cepat, bisa dikatakan ini adalah faktor yang berasal dari dalam diri atau tubuh anda. 5 cara ini harus anda perhatikan sebelum anda membuat badan anda menjadi berotot dengan melakukan olahraga atau angkat beban. berikut yang harus anda perhatikan :

1. Makan dengan kalori yang cukup

Makan bertujuan untuk menambah masa otot, jadi jika anda melakukan latihan angkat beban sebaiknya anda harus mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi, supaya dapat membentuk otot yang baru maka kalori yang dimakan harus lebih banyak dari pada kalori yang dibakar.

Tujuannya untuk memperbaiki jaringan otot yang rusak selama latihan angkat berat dan membantu protein untuk membentuk jaringan otot yang baru. Artinya sesuaikan lah kalori yang anda butuhkan dengan jenis angkat beban yang akan dilakukan, jangan sampai kurang atau berlebih.

2. Makan lebih banyak protein

Jikalau hanya kalori yang banyak anda konsumsi, seperti makanan berkarbohidrat maka bukan tubuh berotot yang anda dapatkan malahan tubuh anda gemuk jadinya. Kalori digunakan sebagai energi, sedangkan protein digunakan sebagai membentuk otot yang baru, jika protein yang anda konsumsi kurang maka tubuh anda akan mengambil protein dari otot-otot anda.

jadi bagaimana mungkin tubuh anda terbentuk jika hal demikian terjadi, mengkonsumsi protein merupakan salah satu cara membuat badan berotot yang tidak kalah penting dengan olahraga angkat beban yang anda lakukan.

3. Makan cukup lemak

Lemak sangat diperlukan dalam memproduksi hormon yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan dan kekuatan otot serta tulang, maka konsumsilah lemak yang baik seperti lemak omega 3 yang banyak terdapat pada ikan.

4. Makan lebih sering

Cara membuat badan berotot tentunya frekuensi makan harus ditambah, artinya, setiap tubuh kita hanya dapat memproses kalori dalam jumlah tertentu, jadi supaya kalori anda tercukupi maka porsi makan anda sebaiknya dikurangi tetapi frekuensinya sering. Dengan begini maka kalori dapat dicerna semua tanpa ada yang menumpuk dan berubah menjadi  timbunan lemak.

5. Banyak minum air

Dalam setiap latihan pembentukan otot, otot akan mengalami dehidrasi. Otot yang terdehidrasi akan susah diperbaiki. Maka anda harus rajin minum air pada saat latihan, hal ini bertujuan untuk membantu membuang toksin dan racun dalam tubuh melalui keringat.

 Dukung cara membuat badan anda berotot dengan 4 cara ini

  • Olahraga Angkat beban atau fitness

Olahraga angkat beban atau fitness adalah salah satu cara yang paling efektig untuk membuat badan anda berotot yang mengunakan alat bantu seperti barbel, dumbel, dan mesin lainnya untuk membantu untuk mengangkat beban.
Latihan beban ini memacu hormon adrenalin yang akan merangsang pembentukan otot lebih cepat. jika kamu malas pergi ketempat gym atau fitness kamu bisa membuat beberapa alat itu dirumah seperti barbel dan dumbel dengan semen dan kaleng atau ember bekas dan ukuran, panjang serta beratnya bisa kamu tentukan sendiri. Nah diantara olahraga angkat beban sederhana yang bisa anda lakukan yaitu

  • Push Up dan Sit Up

Kedua gerakan ini pasti anda sudah tahu caranya, kedua gerakan ini sangat membantu untuk membantu membentuk otot dada dan membentuk otot perut anda ” Sick Pack “. lakukan gerakan ini secara rutin dengan periode yang selalu bertambah-tambah, agar gerakan ini bisa menambah beban untuk otot, lakukan gerakan ini dengan posisi yang miring.

  • Squat

Cara membuat badan berotot yang satu ini tidak susah untuk anda lakukan, cukup dengan meletakkan beban dipundak kemudian anda jongkok dan berdiri lakukan gerakan ini secara bertahap dan berulang-ulang, ini sangat baik untuk otot kaki dan pinggul anda.

  • Pull Up

Nah untuk yang ini membutuhkan satu tempat untuk bergelantung yang bisa menahan berat badan anda, gerakan yang bisa anda lakukan seperti gambar diatas, gerakan ini sangat baik untuk otot pundak dan punggung anda, untuk hasil yang lebih baik tukar posisi anda melakukan gerakan ini menghadap kedepan, setelah itu angkat badan anda, hingga tempat pegangan anda menyentuh dada.

  • Chair Dips

Yang anda butuhkan untuk gerakan ini hanya kursi lalu tempatkan kedua tangan pada kursi dengan jarak selebar bahu, kemudian angkat tubuh anda dengan mengkontraksikan otot dada, bahu dan tricep secara bersamaan dan tekuk lutut anda ke arah belakang. Turunkan tubuh anda secara perlahan ke bawah dengan posisi punggung tetap lurus dan kembali angkat tubuh ke posisi semula, lakukan gerakan ini secara berulang-ulang.

Ini adalah beberapa contoh gerakan angkat beban yang bisa anda lakukan, anda bisa memvariasikannya dengan gerakan yang lain, selain itu dukung juga cara membuat badan berotot dengan kegiatan lain seperti jogging, berenang, dan olahraga untuk otot lainnya. Kita masuk poin berikutnya :

  • Istirahat yang cukup

Istirahat merupakan langkah yang penting bagi tubuh untuk membentuk otot yang baru, jadi sesuaikan istirahat anda dengan bentuk latihan anda, semakin berat latihan angkat beban anda maka masa istirahat harus banyak. jangan sampai terlalu memaksakan tubuh anda, banyak diantara pria yang ingin membuat badannya berotot jadi gagal atau kondisi tubuh yang tidak baik karena tidak terlalu memperhatikan faktor yang satu ini.

  • Mengkonsumsi multivitamin

Untuk mempertahankan masa otot anda yang sudah terbentuk, konsumsilah multivitamin yang baik untuk tubuh alangkah baiknya yang bersifat yang alami setelah anda melakukan cara membuat badan berotot, Karena multivitamin dalam bentuk jadi seperti amino lebih cenderung bersifat sementara dalam mempertahankan masa otot anda.

  • Konsisten dan displin

2 hal ini anda perhatikan dengan seksama, jika anda orang yang mudah putus asa dan kurang teratur sebaiknya anda urungkan niat anda untuk membentuk tubuh yang ideal. Karena anda harus mengikuti beberapa aturan yang mungkin dapat membebani anda.

Selain 2 faktor tersebut anda jangan mudah putus asa dan menyerah dalam menjalaninya, harus tetap semangat. Jadi, itulah 9 cara membuat badan berotot bagi pria yang bisa dilakukan untuk membuat anda menjadi berotot, jika dalam skala waktu tertentu tidak penampakan perubahan pada tubuh anda, coba anda periksa jumlah kalori dan protein yang anda konsumsi serta kegiatan pendukung yang anda lakukan seperti olahraga angkat berat dan jenis olahraga lainnya.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

cara membuat badan berototcara membuat tubuh berototbadan berototcara badan berototcara bikin badan berototcara membentuk badan berototcara agar tubuh berototcara buat badan berototcara berototcara cepat berotot,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment