Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Manual & Mudah

Memiliki keturunan tentu menjadi keinginan setiap pasangan yang sudah menikah. Biasanya yang seringkali menjadi perdebatan adalah menghitung usia kehamilan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka anda harus mengetahui cara menghitungnya dengan benar, sehingga akan lebih tepat hasil perhitungan yang anda lakukan.

Perhitungan usia kehamilan biasanya digunakan juga untuk memprediksi kelahiran bayi yang dikandung. Sehingga anda dapat mempersiapkan kelahiran secara maksimal dengan berpatokan pada hasil perhitungan tersebut. Meskipun terkadang masih terjadi adanya perbedaan namun biasanya tidak terlalu jauh dari perhitungan.

Perhitungan Usia Kehamilan Yang Mudah Dilakukan

Umumnya ibu hamil akan mengandung bayinya selama 40 minggu atau berkisar 280 hari. Kebanyakan dokter lebih senang menggunakan perhitungan minggu karena lebih akurat dibandingkan dengan menghitung bulannya yang bisa meleset jauh. Perlu anda ketahui bahwa perhitungan ini dimulai dari hari pertama haid terakhir. Berikut cara menghitung usia kehamilan secara tepat dan akurat.

  • Ketahui siklus haid anda untuk mendapatkan hari pertama haid terakhir
  • Kurangkan 7 pada tanggalnya dan kurangi 3 pada bulannya sedangkan tahunnya ditambah angka 1
  • Jika bulannya tidak bisa dikurangi 3 seperti bulan pada awal tahun, maka anda bisa menambahkan dengan angka 9 tetapi pada tahunnya perlu ditambahkan angka 1

Maka sebaiknya untuk mempermudah menghitung usia kehamilan ada baiknya anda selalu mencatat tanggal haid hari pertama setiap bulannya. Sehingga dengan begitu anda juga bisa mengetahui dengan baik apakah memiliki siklus haid yang panjang atau pendek. Informasi tersebut akan sangat berguna bagi anda untuk memantau jalannya menstruasi anda setiap bulannya.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Manual & Mudah

Hasil perhitungan tersebut adalah hari perkiraan lahir. Namun hari perkiraan lahir tersebut biasanya diberikan tambahan 7 hari. Sehingga dalam kurun waktu 2 minggu berdasarkan perhitungan tersebut, anda harus mempersiapkan persalinan dengan baik. Tentu perhitungan yang dilakukan akan sangat bermanfaat untuk anda.

Tips Menghitung Usia Kehamilan Dan Kapan Anda Melahirkan

Namun untuk memastikan usia kehamilan dan kapan waktunya anda akan melahirkan maka sebaiknya ada juga perlu untuk melakukan konsultasi ke dokter kandungan anda, agar perhitungan usia kehamilan yang anda lakukan bisa menemukan hasil yang pas.

Terkadang perhitungan dokter juga bisa meleset, sehingga ada baiknya anda juga menghitung usia kehamilan sebagai langkah preventif untuk dapat dibandingkan dengan perhitungan dokter. Sehingga anda bisa mengetahui secara lebih dekat dengan hari lahir sebenarnya.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

cara menghitung usia kehamilan secara manualcara menghitung umur secara manual,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment