Tips Dan Cara Menjalani Diet Alami Ketika Berpuasa

Cara diet alami saat berpuasaPuasa Ramadhan merupakan hal yang paling ditunggu oleh setiap orang khususnya bagi umat muslim, karena ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk memperbanyak amal ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan tujuan agar kita menjadi insan yang lebih bertaqwa.

Nah bagi anda yang ingin melakukan cara diet alami ketika berpuasa secara sehat, puasa Ramadhan bisa anda jadikan sebagai momen yang baik untuk untuk melangsingkan tubuh atau menurunkan berat badan dengan cepat namun untuk mendapatkan hal tersebut tentu harus ada tips diet sehat yang harus anda ikuti. Berikut ini ada 5 tips yang harus anda ikuti untuk menjalani diet alami saat berpuasa.

Pola Dan Tips Diet Alami Saat Berpuasa

  • Jangan abaikan sahur

Menjalani puasa tanpa melakukan yang namanya sahur sebelum imsak akan sangat terasa berat untuk jalani hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan energi, jadi dalam menjalani diet alami ini adalah hal pertama yang harus anda perhatikan.

  • Pilih jenis makanan untuk diet yang bersifat mengenyangkan

Dalam mengkonsumsi makanan pada saat sahur dalam menjalani cara diet alami saat berpuasa anda harus memilih jenis makanan diet yang bersifat mengenyangkan yang rendah akan lemak serta seimbang segala kebutuhan gizinya seperti oatmeal, nasi beras merah, jagung, ayam, ikan, telur, sayur-sayuran dan buah sebagai makanan penutupnya seperti pisang, apel, dan alpukat.

  • Minum air putih secukupnya
  • Hindari meminum teh atau kopi sebaiknya ganti dengan segelas susu yang rendah lemak
  • Sebaiknya jangan tidur setelah imsak

Hal ini bertujuan agar proses pencernaan makanan dalam lambung anda sempurna dan menghindari  terjadinya penumpukan lemak yang disebabkan minimnya aktivitas yang dilakukan.

Tips Dan Cara Menjalani Diet Alami Ketika Berpuasa

Tips Dalam Memilih Menu Berbuka

Berbuka adalah saat yang paling anda tunggu setelah menahan sehari penuh, Ups tapi tunggu dulu bagi anda yang menjalani cara diet alami saat berpuasa jangan sembarang dalam memilih menu makanan untuk berbuka, berikut tipsnya.

  1. Hindari berbuka dengan makanan atau minuman yang terlalu manis

Pada saat berbuka memang nikmat jika diawali dengan makanan atau minuman yang manis dan mengandung soda apalagi jika disajikan dalam keadaan yang dingin, alangkah baiknya jika anda berbuka dengan makanan atau minuman yang tidak terlalu manis atau yang mengandung pemanis alami seperti buah kurma dan air kelapa muda atau dengan segelas air putih.

  1. Atur ritme makan pada saat berbuka

Memang pada saat berbuka nafsu makan kita sudah tak bisa dibendung lagi pengennya makan ini, itu dan yang lainnya. Perlu anda ketahui pola berbuka dalam cara diet alami saat berpuasa seperti inilah yang membuat berat badan anda bertambah dan diet yang anda jalani tidak membuahkan hasil jadi sebaiknya dalam berbuka berikan jeda untuk mengkonsumsi makanan satu dengan makanan yang lainnya. Tentunya hal ini sangat baik untuk sistem pencernaan anda serta penumpukan lemak di tubuh yang berlebih bisa dihindari.

  1. Pilih menu makanan berbuka yang sehat

Selain mengatur pala makan saat berbuka, menu makanan juga perlu anda perhatikan sama halnya dengan saat sahur, anda harus mengatur makanan yang baik untuk anda pada saat berbuka, seperti roti gandum, oatmeal, nasi beras merah, sayur-sayuran, buah, ayam, daging dan ikan serta menghindari jenis makanan yang berlemak ( makanan dan minuman yang mengandung santan ).

Artinya setiap makanan pada saat sahur atau berbuka antara karbohidrat, protein, lemak, buah harus dikonsumsi secara seimbang karena hal tersebut diperlukan tubuh dalam menjalani cara diet alami saat berpuasa.

  1. Istirahat yang cukup di malam hari

Setelah menjalani ibadah ramadhan di malam hari seperti tarawih dan tadarus atau membaca Al-Quran selanjut berikanlah tubuh anda untuk beristirahat dengan cukup hingga saat sahur untuk esok harinya tiba. Dengan begini puasa dan diet yang anda jalani akan lebih terasa manfaat nya untuk anda baik secara lahir maupun bathin.

Olahraga Jangan Lupakan

Berpuasa bukanlah satu alasan bagi anda bermalas-malasan karena yang berpuasa bukan hanya anda saja yang menjalaninya, jadi untuk melengkapi cara diet alami saat berpuasa maka luangkanlah waktu anda untuk berolahraga pada saat sore hari atau satu jam menjelang berbuka puasa agar diet yang dijalani lebih optimal.

” Didalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Sehat “

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment