Cara Memasak & Pengolahan Sayur Brokoli

Cara memasak brokoli – Brokoli adalah salah satu sayuran yang mempunyai nilai gizi yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan, selain untuk dikonsumsi sebagai sayur sehari-hari brokoli juga sangat baik sebagai makanan serat terutama jika dijadikan sebagai makanan untuk diet bagi orang sedang melakukan program diet  untuk menurunkan berat badan.

Baik itu untuk dimakan sehari-hari sebagai sayur atau makanan diet, yang menjadi permasalahannya adalah bagai mana cara memasak brokoli serta pengolahannya yang baik agar gizi dan nutrisi yang dikandungnya tidak hilang pada saat kita memasaknya.

Kebanyakan sekarang ini dalam mengolah makanan terutama cara memasak brokoli, kita lebih mementingkan bagaimana rasanya enak, tampilan yang menggoda nafsu untuk makan. Disini perlu kita perhatikan bahwa dalam mengolah suatu masakan termasuk jenis makanan sehat lainnya.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan yaitu bagaimana supaya nutrisi yang terkandung dalam masakan tersebut tidak hilang, bukankah kita sudah tahu apa manfaat brokoli untuk kesehatan seperti zat anti kanker, membantu menjaga kesehatan kulit, mata, tulang, sebagai antioksidan serta membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Sebelumnya kita sudah membahas manfaat sayur ini untuk kesehatan, seperti yang dijelaskan secara singkat diatas. Maka pada kesempatan kali ini mari kita coba membahas bagaimana cara memasak brokoli dan pengolahannya dengan baik agar semua gizi dan nutrisinya tidak hilang dan bisa dimanfaatkan tubuh secara utuh.

Cara Memasak & Pengolahan Sayur Brokoli

Cara Memasak & Pengolahan Sayur Brokoli

Cara memasak brokoli dan pengolahannya

Sebelum anda memasak atau mengetahui bagaimana cara pengolahan brokoli ini, terlebih dahulu pilihlah brokoli yang baik dengan tekstur warna yang seragam (hijau tua atau ungu kehijauan) dan tidak layu atau masih segar. Mungkin brokoli yang anda beli belum pasti bebas dari pestisida untuk menghilangkan sisa pestisida tersebut  anda cuci dengan air bersih dan mengalir, usahakan untuk tidak merendam brokoli tersebut dengan air, karena jika direndam akan membuat sebagian nutrisi yang terkandung akan larut dalam air tersebut.

 Cara memasak brokoli agar nutrisi dan nutrisinya tidak hilang

Supaya kandungan nutrisi dan vitamin brokoli tidak hilang sewaktu memasaknya ada 2 cara yang sangat disarankan untuk anda yaitu:

  1. Direbus
    Jika anda ingin cara memasak brokoli ini dengan cara direbus, maka rebuslah brokoli tersebut dengan air yang tidak terlalu banyak dan sudah mendidih serta wadah yang tertutup, hal ini bertujuan agar vitamin dan nutrisinya tidak terbuang melalui uap selama proses perebusan, serta diberi  sedikit garam agar rasanya lebih gurih dengan interval waktu 1- 2 menit.
    Sebelumnya anda harus siapkan air dingin dalam wadah secukupnya. Hal ini bertujuan setelah anda merebusnya dalam waktu tersebut segera angkat dan tiriskan brokoli tersebut kemudian anda masukan brokoli yang sudah direbus kedalam air dingin dalam selang waktu tertentu agar proses pemasakan ata pematangan brokolinya terhenti.
    Satu lagi yang perlu diperhatikan yaitu, untuk memasak sayur brokoli dengan cara direbus usahakan jangan mengunakan microwave. Sebaiknya anda hindari  menggunakan microwave tersebut walau hanya dalam waktu dalam 1 menit, karena sebuah studi mengatakan bahwa cara memasak brokoli dengan microwave baik direbus ataupun dikukus akan membuat nutrisi pelawan kankernya menjadi hilang seperti zat sulforaphane ( senyawa yang telah terbukti melindungi tubuh dari kanker ).Anda bisa menjadikan brokoli yang direbus ini sebagai salad atau dicampur dengan jenis sayuran yang anda masak lainnya.
    Sebagian ada yang mengatakan mengolah brokoli untuk dikonsumsi dengan cara direbus tidak baik, akan tetapi jika sesuai dengan cara dan metode yang digunakan maka hal tersebut tidak masalah.
  2. Dikukus
    Hampir sama dengan cara memasak brokoli dengan cara direbus, maka jika ingin dikukus, airnya harus di didihkan terlebih dahulu, kukus brokoli tersebut sekitar 4-5 menit karena media untuk memasak brokoli ini adalah uap air tersebut.

Apakah ada cara memasak brokoli yang lain..?

Bagi anda yang tidak menginginkan kedua cara diatas anda bisa mencoba mengolah brokoli ini dengan cara dipanggang atau ditumis, anda tidak perlu kuatir jika nutrisi nya akan hilang, caranya cukup mudah yaitu panaskan media yang anda gunakan untuk memasak, sebaiknya anda gunakan minyak zaitun secukupnya untuk memasak dan pastikan brokoli yang anda masak dalam keadaan kering atau tidak basah, masak brokoli hingga berubah warna, dan jangan terlalu lama, 4 – 5 menit mungkin cukup waktu untuk memasak brokoli dengan cara ini.

Inilah cara memasak brokoli dan pengolahannya secara sederhana, sekali lagi yang perlu diperhatikan yaitu cara, media yang digunakan dan lama pengolahan sayuran ini, karena waktu yang digunakan dalam pengolahan sayur ini sangat berpengaruh kepada nutrisi yang akan dikandungnya setelah diproses. Mudah-mudahan pembahasan pada kesempatan kali ini bermanfaat untuk anda, terima kasih…. 🙂

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

cara memasak brokolicara masak brokolimasak brokolicara memasak brokoli yang benarmemasak brokolicara merebus brokolisayur brokolimasakan brokolimengolah brokolicara masak brokoli yg benar,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment