Makanan Sehat untuk Diet Alami yang Seimbang

Makanan untuk diet seimbang – Jika ingin diet yang kita jalani tentunya banyak hal harus kita perhatikan terutama diet untuk menurunkan berat badan serta menjaga berat badan agar tetap ideal dan stabil seperti jenis golongan darah anda, cara diet yang dipilih dan cara menjalani program diet anda tersebut. Salah satu faktor lainnya yang menentukan adalah faktor makanan sehat dalam program diet anda.

Bagaimana Menjalani Diet Yang Seimbang ?

Memang kita bisa memilih beraneka jenis makanan diet namun jika kita tidak memperhatikan manfaat dari kandungan gizi dan vitamin dari makanan tersebut apa jadinya…? apakah diet yang seimbang bisa kita dapatkan…?

Setiap kita yang menjalani diet pasti memerlukan jumlah asupan gizi, vitamin yang berbeda-beda ini sesuai dengan keadaan kondisi saat anda menjalani diet dan karakteristik dari tubuh anda sendiri. Untuk itu pada artikel kali ini saya akan mencoba membahas beberapa makanan sehat untuk diet yang seimbang yang bisa anda jadikan sebagai salah satu pilihan makanan diet anda, dengan demikian diet yang anda jalani berhasil. Berikut ini pembahasannya :

Makanan Sehat untuk Diet Alami yang Seimbang

Jenis Makanan Sehat Untuk Diet Yang Seimbang

1. Hindari jenis makanan yang berminyak

Tentunya bagi kita, jenis makanan yang satu ini banyak yang suka baik itu sebagai camilan. Maka dalam menjalani diet sebaiknya hindarilah jenis makanan untuk diet seimbang  ini karena makanan ini banyak mengandung lemak yang tidak baik untuk tubuh anda dalam menjalani diet. Contoh makanan ini yang bisa hindari adalah aneka gorengan (goreng bakwan, tahu, tempe, dan sebagainya ), aneka masakan santan.

2. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan jenis makanan  yang mengandung pemanis alami, untuk itu maka jadikanlah aneka jenis buah-buah tersedia untuk memenuhi kebutuhan kalori dan zat lainnya yang anda perlukan, jenis makanan ini bisa anda manfaatkan dalam sela aktivitas anda secara langsung atau mengolahnya terlebih dahulu seperti dibuat jus seperti apel, alpokat, jeruk,pisang dan jenis buah lainnya.

3. Makanan pokok

Meskipun anda sedang menjalani program diet, makanan pokok seperti nasi tidaklah harus anda tinggalkan sepenuhnya. Didalam jenis makanan pokok terdapat karbohidrat yang dapat menghasilkan kalori, tentunya kalori ini sangat diperlukan oleh tubuh sebagai energi dalam menjalani aktifitas anda, dengan mengkonsumsi makanan pokok secara seimbang dengan makanan untuk diet seimbang lainnya dan tidak berlebihan sudah membuat program diet anda seimbang

4. Susu

Jenis makanan diet yang satu ini terkadang sering ditinggalkan dalam menjalani program diet, sebaiknya lengkapilah diet seimbang anda dengan susu, pilih jenis susu yang mengandung lemak rendah untuk diet anda.

5. Sayur-sayuran

Makanan alami ini perlu anda perhatikan dalam menjalani program diet anda, sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh, jadi dalam menu diet anda variasikan jenis sayuran untuk anda konsumsi agar kebutuhan tubuh akan zat-zat tertentu terpenuhi dengan baik seperti brokoli, kol, wortel, selada, tomat, dan jenis sayuran lainnya.

6. Daging dan kacang-kacangan

Dalam menjalani diet selain memperhatikan memperhatikan jenis vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan, maka protein jangan anda lupakan, karena protein sangat penting perannya bagi tubuh anda pada saat menjalani diet, protein ini bisa anda dapatkan dari aneka jenis daging dan jenis kacang-kacangan seperti daging sapi, daging kambing, kedelai, almond, polong. Sebagai catatan kecil hindarilah jenis daging sebagai makanan untuk diet seimbang yang mempunyai kadar lemak yang tinggi dalam menjalani diet anda.

7. Imbangi dengan air mineral

Air mempunyai fungsi untuk melancarkan metabolisme tubuh anda, dan dalam menjalani diet anda jangan sampai dehidrasi karena kurang minum, selain itu air ini juga berfungsi untuk melarutkan lemak di tubuh anda, selain itu air juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga sangat baik bagi anda yang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

Tips Dalam Menjalani Diet Alami

Sebelum anda menjalani diet tentunya banyak faktor yang anda perhatikan terlebih dahulu seperti yang saya katakan diatas, maka untuk itu sebagai langkah awal dalam menjalani program diet anda sebaiknya anda harus mengetahui jenis golongan darah anda, sehingga anda bisa menyesuaikan dan memilih jenis makanan untuk diet seimbang diatas yang akan anda konsumsi, karena tidak semua jenis makanan cocok untuk program diet anda.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

menu sehat tahu tempe seminggu,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment