HOME
Home » Tips Kesehatan » Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan Dan Jantung

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan Dan Jantung

Posted at Maret 30th, 2015 | Categorised in Tips Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan Dan JantungManfaat daun sirih untuk kesehatan – Dalam kehidupan sekitar kita banyak dijumpai berbagai jenis bentuk tanaman, tanpa kita sadari sebagian dari tanaman tersebut dapat kita manfaatkan sebagai obat, untuk kesehatan dan banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan.

Semenjak dahulu, daun sirih banyak dimanfaatkan oleh orang untuk menjaga kesehatan gigi dengan cara dikunyah hingga tinggal seperti ampas. Mereka menambahkan beberapa bahan alami lagi seperti pinang, gambir, dan kapur. Pada daerah tertentu daun sirih ini sering digunakan untuk acara tertentu seperti di daerah minang, daun sirih dimanfaatkan untuk mengundang orang dalam acara tertentu contohnya acara pernikahan, upacara adat dan sebagainya.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi, selain untuk kesehatan gigi dan mulut daun sirih juga banyak digunakan untuk mengobati mimisan, menghilangkan bau badan dan kesehatan organ dalam tubuh lainnya serta masih banyak lagi manfaatnya yang belum kita ketahui.

Diantara satu tanaman obat  yang akan kita bahas yaitu manfaat daun sirih merah, seperti yang kita ketahui kebanyakan daun sirih itu berwarna hijau, namun perbedaan yang dapat kita amati secara langsung yaitu daunnya yang berwarna merah, makanya tanaman ini dinamakan daun sirih merah.

Pada Artikel kali ini saya akan membahas tanaman obat tersebut untuk untuk menjaga kesehatan jantung dan diabetes dan manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh, langsung aja kita simak manfaanya yuk.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan Jantung Dan Diabetes

1. Mencegah penyakit jantung

Cara untuk mengolah daun sirih merah ini untuk kesehatan jantung anda cukup mudah kok yaitu :

  • Pertama yang anda siapkan tentunya daun sirih merah tersebut, kira kira 4 sampai 5 lembar daun kemudian anda cuci bersih.
  • Setelah itu anda rebus daun tersebut dengan air sebanyak 800 ml atau 4 gelas air bersih hingga air yang rebusan tersebut tersisa kira kira 2 gelas air.
  • Kemudian anda saring air tersebut dan sebaiknya anda meminum air tersebut selagi hangat ( hangat kuku ).

2. Mencegah penyakit diabetes

Manfaat daun sirih merah ini juga bisa mencegah anda dari penyakit diabetes, cara yang perlu anda lakukan yaitu:

  • Anda siapkan daun sirih merah yang setengah tua sebanyak tiga lembar daun atau enam lembar daun yang ada pada pucuknya, cuci bersihlah semua daun tersebut.
  • Setelah itu anda rebus daun sirih tersebut dengan air sebanyak tiga gelas hingga mendidih dan sampai air rebusan tersebut tersisa sebanyak 1,5 gelas.
  • Minum air rebusan tersebut 3 kali dalam sehari masing-masing setengah gelas setiap anda meminumnya.

Mungkin air rebusan ini akan terasa pahit dan agak pedas jika anda minum baik itu untuk kesehatan jantung maupun untuk penyakit diabetes, maka untuk menghilangkan rasa itu, sebaiknya anda tambahkan madu secukupnya.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan Lainnya

Selain untuk menjaga kesehatan jantung serta mencegah penyakit diabetes daun sirih merah ini juga bisa anda manfaatkan untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit lainnya, cara memanfaatkan daun sirih merah ini hampir sama dengan yang diatas yaitu dengan cara merebus daun sirih tersebut beberapa lembar daun dan meminum air rebusan tersebut, diantara manfaat lainnya yaitu:

  1. Untuk menghilangkan bau badan secara alami
  2. Membantu menjaga kesehatan organ mulut dari sariawan, bau mulut, gigi berlubang, gusi berdarah dan radang tenggorokan.
  3. Dapat menyembuhkan batuk dan bisa mengembalikan nafsu makan yang hilang.
  4. Untuk menjaga kesehatan mata dari debu atau kotoran yang masuk ke mata dengan cara dikedip-kedipkan pada air rebusan sirih tersebut  pada sebuah wadah atau bejana yang besar.
  5. Bagi wanita daun sirih merah ini dapat digunakan untuk membersihkan daerah pribadi anda.

Demikian ulasan manfaat daun sirih merah terhadap kesehatan terutama untuk kesehatan jantung. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

apakah sirih merah bermanfaat utk pwnyakit jantungdaun sirih merah untuk penyakit jantungmanfaat daun sirih merah jantung,  

1 Komentar for Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan Dan Jantung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan Dan Jantung

Makanan Diet Bagi Orang yang Bergolongan Darah A, B, AB, O

Makanan Diet Bagi Orang yang Bergolongan Darah A, B, AB, O

Posted at 23 Agustus 2016

Diet disamping dilakukan untuk menurunkan berat badan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Diet dengan mengatur pola hidup sangat berguna untuk mendapat tubuh... Read More

Cara Melangsingkan Tubuh dengan Diet Alami

Cara Melangsingkan Tubuh dengan Diet Alami

Posted at 15 Agustus 2016

Memiliki tubuh yang langsing adalah dambaan setiap orang terlebih wanita. Jika wanita memiliki tubuh yang langsing kepercayaan dirinya semakin meningkat. Namun bagaimana jika sudah... Read More

Cara Melangsingkan Tubuh dengan Diet Sehat

Cara Melangsingkan Tubuh dengan Diet Sehat

Posted at 14 Agustus 2016

Setiap wanita selalu menjaga penampilannya dengan cara menjaga tubuhnya agar tetap langsing. Berbagai cara melangsingkan tubuh mereka coba, terkadang ada yang mengalami kegagalan namun... Read More

7 Jenis Olahraga Efektif Untuk Mengecilkan Perut Buncit

7 Jenis Olahraga Efektif Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Posted at 13 Agustus 2016

Perut yang langsing, rata dan kencang menjadi dambaan semua orang. Tetapi akibat pola makan yang salah serta banyak mengonsumsi minyak, lemak, dan makanan yang... Read More

Tips Lengkap Cara Diet Golongan Darah A, B, O, AB

Tips Lengkap Cara Diet Golongan Darah A, B, O, AB

Posted at 12 Agustus 2016

Salah satu upaya untuk tetap menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengatur pola makan dan kebiasaan yang sehat sehingga tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit... Read More


Sudah Baca Artikel Ini?close