Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat kopi hitam – Sebelum memulai aktivitas kita sehari-hari khususnya pada waktu pagi hari, kita mungkin tidak pernah melewatkan meminum minuman manis yang hangat. Mungkin diantara kita adalah salah satu penyuka minuman tersebut yaitu kopi.

Khususnya bagi anda  yang pria pastinya tidak ingin melewatkan secangkir kopi panas di pagi hari sebelum memulai aktivitas anda, memang kopi mempunyai efek yang negatif untuk kesehatan namun jika anda menikmatinya secara tidak berlebihan ternyata kopi tersebut mempunyai manfaat untuk kesehatan anda, baik itu pria atau pun wanita.

Berbagai macam cara bisa kita lakukan untuk menikmati minuman kopi hitam ini seperti dengan kue atau camilan sehat di waktu pagi, siang, dan malam, ketika berkumpul dengan teman atau pada waktu lembur menyelesaikan suatu tugas. Nah sekarang ada baiknya kita simak manfaat kopi hitam untuk kesehatan yang akan kita bahas dibawah ini yuk:

Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat kopi untuk kesehatan tubuh

1. Menurunkan resiko penyakit parkinson

Parkinson merupakan satu jenis penyakit yang mengganggu kerja otak pada kesehatan tubuh manusia, penyakit ini rentan menyerang seseorang pada saat memasuki usia senja, dengan teratur anda meminum kopi hitam maka resiko anda mendapat penyakit ini akan jauh berkurang.

2. Meningkatkan metabolisme

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 mengungkapkan bahwa manfaat kopi hitam  dapat menjaga kestabilan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar lemak

3. Memilki zat antioksidan

manfaat kopi  juga diungkapkan oleh seorang peneliti yang bernama Edward Giovannucci dari Harvard menyimpulkan ternyata kopi memiliki zat antioksidan lebih banyak dari buah dan sayur, dengan fakta tersebut maka kopi dijadikan sebagai zat antioksidan nomor satu dalam diet bagi orang Amerika.

Manfaat kopi dalam bidang kerja

  • Meningkatkan semangat

Dalam menjalani segala aktivitas pasti ada saatnya kita merasa jenuh dan bosan, nah dengan meminum kopi maka hal tersebut bisa bisa hilang, karena kandungan kafein yang terdapat pada kopi tersebut dapat membuat anda lebih bersemangat lagi. Manfaat kopi yang satu ini biasanya sering dirasakan oleh pegawai kantoran.

  • Mempertajam ingatan

Dengan bertambahnya usia maka ingatan seseorang akan berkurang baik itu ingatan jangka pendek maupun ingatan jangka panjang, dengan rajin meminum kopi maka hal ini membantu untuk mempertajam ingatan anda, ini adalah salah satu manfaat kopi hitam yang sangat baik bagi anda yang memiliki sifat pelupa.

Hal ini didukung dengan sebuah penelitian yang dilakukan pada orang yang berusia 60 tahun keatas dengan meminum kopi 3 cangkir dalam sehari ternyata didapatkan hasil yang cukup baik yaitu bahwa mereka tidak mengalami penurunan ingatan dibandingkan dengan yang tidak meminum kopi, namun sayangnya fakta ini belum ditemukan bagi pria namun penelitian masih tetap dilanjutkan.

Jadi dengan melihat beberapa manfaat kopi  diatas maka anda tidak perlu lagi takut dan cemas dalam menikmati secangkir kopi dalam sela aktivitas anda serta efek yang kurang baik dari kopi tersebut.

Tips dan saran dalam menikmati kopi untuk kesehatan

Satu hal yang perlu anda ingat yaitu untuk menikmati kopi tidak perlu banyak dan berlebihan agar manfaat kopi hitam untuk kesehatan bisa anda dapatkan dan sebagai mana yang kita tahu bahwa segala sesuatu yang bersifat belebihan pasti tidak akan berdampak baik terutama dalam masalah kesehatan.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

artikel manfaat kopi dalam berbagai bidangmanfaat kopimanfaat kopi dalam melangsingkan tubuh,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment