Khasiat dan Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun seledri untuk kesehatan – Seledri memiliki nama latin Apium Graveoalens L yang temasuk dalam suku adas-adasan. Daun seledri sudah lama digunakan sebagai bahan penyedap makanan karena aroma yang mengugah selera. Dinegara eropa dan jepang tanaman ini sangat dimanfaatkan untuk sebagai bahan masakan. tidak ada yang mubazir dan terbuang dalam memanfaatkan seledri ini mulai dari daun, batang, hingga sampai pada akarnya yang dimanfaatkan sebagai tanaman obat tradisional.

Tidak terkecuali di Indonesia, seledri sudah digunakan sebagai bahan penambah aroma masakan,baik makanan yang berkuah, sampai jenis makanan yang digoreng sejak zaman penjajahan belanda, hingga sekarang manfaat daun seledri sudah sangat melekat pada setiap jenis masakan di indonesia.

Selain sebagai bahan masakan seledri juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman untuk kesehatan dan obat tradisiomnal, karena didalam seledri terdapat senyawa dan zat yang sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh. Dalam  memanfaatkannya seledri ini bisa dibuat jus, dimakan mentah atau direbus untuk mengambil sarinya.

Manfaat daun seledri untuk kesehatan

  1. Sebagai antioksidan
    Didalam daun seledri terdapat senyawa antioksidan jenis luteolin dan flavonoid yang mempunyai manfaat untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan  beberapa penyakit pada tubuh, seperti demam, flu, pilek, dan sebagainya dan kandungan senyawa luteolin pada seledri juga bermanfaat untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh.
  1. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Seledri mengandung vitamin A dan C merupakan antioksidan yang  penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan memungkinkan produksi kolagen yang berfungsi untuk melindungi otot dan jaringan ikat tentunya hal ini sangat membantu untuk menjaga kesehatan kulit.
  1. Sebagai anti inflamasi
    Seledri mengandung sejenis zat anti inflamasi yang sangat baik untuk mencegah penyakit pada tulang seperti nyeri sendi dan osteoartharitis.

Khasiat dan Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun seledri untuk mencegah beberapa penyakit

  1. Melindungi jantung
    Tubuh kita dapat menghasilkan asam amino yang disebut homosistein, zat ini dapat menganggu fungsi normal pembuluh darah dan menyebabkan penyakit kardiovaskular. Nah didalam seledri terdapat Vitamin B9 dan folat yang dapat mengubah asam amino menjadi molekul sederhana yang dapat melindungi anda dari serangan jantung, penyakit kardiovaskular dan penyakit yang cukup serius lainnya.
  2. Mencegah penyakit kanker
    Senyawa miristisin yang terkandung dalam seledri ternyata mampu mencegah perkembangbiakan sel kanker, senyawa ini juga dapat menetralkan senyawa berbahaya tertentu yang dapat menyebabkan penyakit kanker usus dan prostat.
  3. Menjaga kesehatan ginjal dan tekanan darah
    Manfaat daun seledri juga dapat menjaga kesehatan ginjal anda supaya tetap berfungsi dengan baik, serta menjaga tekanan darah anda tetap stabil. Seledri juga dapat mencegah terjadinya pembentukan batu pada empedu anda.

Manfaat dan khasiat lain dari daun seledri

  1. Memperkuat tulang
    Seledri banyak mengandung vitamin K yang baik untuk kesehatan gigi dan kepadatan tulang. manfaat daun seledri ini sangat baik bagi anda sudah berumur diatas 30 tahun, karena pada saat ini tentunya kesehatan tulang anda sudah mulai berkurang.
  2. Dapat menggantikan cairan elektrolit
    Manfaat seledri yang satu ini sangat baik bagi anda atau seorang atlet yang baru siap berolahraga atau latihan , karena seledri ini dapat menggantikan cairan elektrolit yang hilang pada tubuh.
  3. Selain itu jika anda kehilangan nafsu makan maka cobalah mengkonsumsi seledri, karena seledri juga dapat mengembalikan nafsu makan anda yang hilang.

itulah beberapa khasiat dan manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh dan  masih banyak lagi manfaat seledri yang bisa kita dapatkan selain untuk kesehatan, seledri juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan.

Artikel Kesehatan ini diKunjungi dg Kata :

daun seledri jika di makan mentah,  

Tentang Penulis

PuGaGo Indonesia

Leave a Comment